Cara Mengobati Infeksi Saluranan Kemih

Gejala dan Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing, Ketahui Informasinya

Infeksi saluran kencing atau kemih (ISK) merupakan suatu kondisi dimana organ yang termasuk ke dalam sistem kemih (ureter, ginjal kandung kemih serta uretra) mengalami infeksi. Adapun cara mengobati infeksi saluran kencing dapat dilakukan secara medis ataupun menggunakan cara alami.

Adapun gangguan ini biasanya terjadi karena bakteri yang berasal dari kulit atau rectum dimana memasuki uretra dan menginfeksi bagian saluran kemih. Apabila tidak segera mendapatkan penanganan, maka infeksi tersebut akan semakin parah sekaligus bisa menyebar ke bagian ginjal. Infeksi ini dibedakan menjadi dua yakni bagian atas dan bawah.

Gejala Gangguan ISK

Cara Mengobati Infeksi Saluranan Kemih

Peru diketahui bahwa ISK bagian atas jauh lebih berbahaya bahkan bisa mengakibatkan bakteri yang terdapat di ginjal dimana sudah terinfeksi dapat menyebar ke dalam darah. Kondisi ini jelas akan mengakibatkan tekanan darah menjadi turun, mengalami syok hingga mengancam kematian.

Para wanita ternyata mempunyai risiko lebih sering terkena infeksi ini dibandingkan dengan pria. Hal tersebut karena saluran uretra wanita jauh lebih pendek sekaligus dekat dengan anus. Ada beberapa faktor lain mengapa infeksi tersebut lebih sering terjadi pada wanita seperti aktif seksual, kehamilan, hingga masa menopause.

Sedangkan para pria, infeksi inipun ternyata juga disebabkan karena beberapa faktor risiko seperti infeksi prostat, praktis seks anal tanpa menggunakan pelindung hingga terjadinya penyumbatan sistem kandung kemih. Untuk memahaminya lebih lanjut, maka anda juga perlu mengetahui gejala-gejala yang timbul akibat dari infeksi tersebut diantaranya adalah.

  1. Meningkatkan frekuensi untuk kencing
  2. Demam
  3. Sakit yang terjadi pada bagian perut hingga panggul
  4. Rasa nyeri bahkan terbakar ketika buang air kecil
  5. Kencing disertai dengan urine darah
  6. Urine mempunyai warna jauh lebih pekat dengan aroma lebih tajam
  7. Terasa adanya tekanan di dalam perut bagian bawah
TRENDING :   Aman dan Ampuh! Cara Cepat Menurunkan Panas Pada Bayi tanpa Obat

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Mengobati infeksi satu inipun ternyata dapat dilakukan baik secara medis ataupun cara alami. Apabila dalam keadaan darurat atau belum parah, maka cara alami berikut ini bisa langsung diterapkan untuk mengobati ISK tersebut diantaranya adalah.

  1. Konsumsi Air Putih Yang Cukup

Cara Mengobati Infeksi Saluranan Kemih

Langkah awal untuk mengobati gangguan diatas adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Pada orang dewasa, konsumsi air sendiri sekitar 8-10 gelas per hari. Cara ini dapat membantu untuk menghilangkan bakteri melalui urin. Namun, perlu diingat juga bahwa kebutuhan akan air setiap orang ternyata berbeda-beda.

  1. Konsumsi Buah Dengan Kandungan Vitamin C

Cara Mengobati Infeksi Saluranan Kemih

Bagi anda yang menderita gangguan ini, memang disarankan tidak mengkonsumsi minuman seperti jeruk. Tetapi anda bisa mendapatkan vitamin C langsung dari buah-buahan dengan warna hijau ataupun mengkonsumsi tomat. Vitamin C inilah ternyata bermanfaat untuk menurunkan Ph urine sehingga kemungkinan bakteri bisa bertahan hidup jauh lebih kecil.

  1. Asparagus

Cara Mengobati Infeksi Saluranan Kemih

Cara mengobati ISK berikutnya adalah dengan sayuran asparagus ini. Didalam asparagus ternyata terdapat bahan aktif dimana bekerja sebagai antibakteri sehingga mampu melawan bakteri yang menyebabkan timbulnya infeksi tersebut. Tidak hanya itu saja, asparagus juga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Minyak Essensial

Cara Mengobati Infeksi Saluranan Kemih

Alternative lainnya untuk mengobati penyakit ini adalah dengan memanfaatkan minyak essensial. Dimana keberadaannya cukup efektif dalam mengurangi sejumlah gejala. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan minyak oregano yang dipercaya mampu memperlambat tumbuh kembang dari bakteri.

Walaupun obat-obatan alami diatas dipercaya mampu mengatasi masalah infeksi diatas, tetapi anda tidak boleh lupa melakukan pemeriksaan ke dokter untuk apabila kondisinya tidak segera membaik. Demikian beberapa cara mengobati infeksi saluran kemih yang perlu diketahui.

TRENDING :   Cara Mudah Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.