Cara Mengobati Panas Dalam

Cara Mengobati Panas Dalam, Sepele Tetapi Cukup Mengganggu

Panas dalam menjadi salah satu istilah yang biasanya digunakan buat menggambarkan nyeri tenggorokan, sariawan, sakit ketika menelan hingga bibir pecah-pecah. Lantas bagaimanakah cara mengobati panas dalam tersebut? anda wajib mengetahuinya karena kondisi ini jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan rasa tidak nyaman.

Sebenarnya ada banyak gejala yang sering dikaitkan dengan kondisi satu ini seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Sebenarnya, istilah tersebut tidak ada di dalam dunia medis. Sebab kondisi dimana sering digambarkan oleh masyarakat bukanlah suatu penyakit, tetapi justru sekumpulan gejala dari jenis penyakit tenggorokan.

Apa itu Panas Dalam?

 

Cara Mengobati Panas Dalam

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, maka anda perlu memahami bagaimanakah pengertiannya terlebih dahulu. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, istilah tersebut memang tidak dikenal didalam dunia medis. Hanya saja, sebagian besar dari orang sudah terlanjut menganggap serangkaian gejala tersebut sebagai suatu penyakit.

Istilah tersebut sebenarnya berasal dari konsep pengobatan tradisional Tiongkok dimana mempunyai folosofi berupa yin (dingin) dan yang (panas). Keberadaannya juga sudah digunakan lebih dari 2000 tahun lalu dimana menjelaskan sensasi panas maupun dingin yang dirasakan oleh tubuh karena mengkonsumsi jenis makanan tertentu.

Adapun gejala-gejala dimana disebutkan diatas ternyata biasanya akan muncul apabila seseorang lebih banyak mengkonsumsi gorengan, minuman dingin hingga kekalahan. Untuk memahaminya lebih jauh, maka perlu untuk mengetahui beberapa gejala yang sering dikeluhkan oleh penderita

  1. Sariawan
  2. Sakit gigi
  3. Bibir kering sekaligus pecah-pecah
  4. Sakit tenggorokan hingga terasa kering atau panas
  5. Tenggorokan sakit ketika digunakan untuk menelan
  6. Badan terasa pegal-pegal
  7. Adanya sensasi terbakar didada
  8. Hingga badan terasa mengeluarkan panas.

Sebenarnya ada pula beberapa penyakit yang dikaitkan dengan munculnya gejala-gejala diatas seperti iritasi saluran napas sekaligus mulut dimana disebabkan karena paparan polusi, asap rokok hingga konsumsi makanan ataupun minuman terlalu panas.

TRENDING :   Yuk Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Rambut Rontok Berikut

Selain itu, radang tenggorokan atau faringitis juga dikaitkan penyakit dari gejala yang timbul diatas. Radang tenggorokan tersebut biasanya disebabkan karena adanya infeksi virus maupun bakteri. Bukan hanya itu saja, kenaikan asam lambung hingga gangguan pencernaan juga dipercaya menjadi penyebabnya.

Cara Mengobati Panas Dalam

Walaupun terdengar cukup sepele, tetapi masalah ini akan membuat seseorang merasa tidak nyaman ketika beraktivitas. Itulah sebabnya, anda harus segera mengetahui bagaimanakah cara mengobati panas dalam tersebut. Untuk mengobatinya sendiri sangat mudah yakni bisa memanfaatkan beberapa bahan alami diantaranya adalah.

  1. Konsumsi Air Putih

Cara Mengobati Panas Dalam

Cara paling ampuh yang bisa digunakan buat mengatasi masalah diatas adalah dengan mengkonsumsi air putih cukup. Sebab, air menjadi salah satu komponen paling penting untuk tubuh karena bisa meredakan beberapa gejala seperti bibir pecah, demam, dehidrasi hingga nyeri pada tenggorokan.

  1. Konsumsi Madu

Cara Mengobati Panas Dalam

Madu memang dikenal dengan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Karena adanya kandungan inilah ternyata dipercaya mampu mengatasi gangguan tersebut dengan efektif. Terutama ketika anda merasakan sakit tenggorokan ataupun terasa kering. Cobalah campurkan dengan air hangat ataupun diminum langsung.

  1. Lebih Banyak Istirahat

Cara Mengobati Panas Dalam

Istirahat menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi beberapa gejala yang sudah disebutkan tadi. Sebab kekurangan istirahat bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih rentan untuk terkena berbagai macam penyakit.

Jangan lupa untuk mengatasinya, anda juga bisa mengkonsumsi lebih banyak makanan sehat dan bergizi ataupun mengkonsumsi suplemen/ vitamin buat menjaga sistem imun pada tubuh. Mudah bukan cara mengobati panas dalam diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.