Cara Mengobati Kaki Bengkak

Cara Mengobati Kaki Bengkak Selama Kehamilan, Cek Disini

Kaki bengkak ketika sedang hamil memang menjadi salah satu masalah yang paling sering terjadi dan biasanya lebih sering menyerang bagian tungkai, kaki, pergelangan kaki hingga jari. Cara mengobati kaki bengkak selama kehamilan sendiri ternyata tidaklah sulit untuk dilakukan bahkan dapat dimulai dengan cara sederhana.

Ketika sedang hamil, moms pastinya akan merasakan adanya banyak perubahan pada tubuh bukan sehingga biasanya akan mengakibatkan gangguan yang membuat ketidaknyamanan tersendiri. Salah satu masalah tersebut adalah kaki mengalami pembengkakan ketika sedang hamil. Walaupun menjadi masalah umum, tetapi jika terjadi terus menerus ternyata bisa mengakibatkan terganggunya aktivitas.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Cara Mengobati Kaki Bengkak

Seperti diketahui, tubuh akan memproduksi 50 persen tambahan darah maupun cairan ketika hamil. Tujuannya adalah buat memenuhi kebutuhan janin dimana sedang berkembang didalamnya. Dan kaki bengkak itulah ternyata bisa diakibatkan karena adanya pertambahan volume darah maupun cairan. Mesti demikian, anda harus selalu waspada.

Biasanya pembengkakannya memang dapat terjadi pada area tangan, tetapi lebih sering terjadi pada kaki dimana cairannya cenderung menyatu dengan tubuh bawah. Cairan tambahan itulah berguna buat mempersiapkan sendi panggul maupun jaringan sebagai pembuka persiapan melahirkan ataupun melunakkan tubuh si kecil.

Selain akibat adanya cairan ataupun volume darah yang meningkat, pembengkakan kehamilan inipun bisa saja diakibatkan karena sejumlah kebiasaan berikut ini.

  1. Mengkonsumsi Garam atau Natrium Terlalu Banyak

Cara Mengobati Kaki Bengkak

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam maupun natrium yang terlalu banyak ternyata bisa mengakibatkan kaki menjadi bengkak lho. Hal tersebut bukan tanpa alasan sebab kandungan ini bisa menahan cairan jauh lebih banyak.

  1. Minuman Dengan Kandungan Kafein
TRENDING :   Inilah 5 Cara Mengobati Kanker Payudara

Cara Mengobati Kaki Bengkak

Minuman yang mempunyai kandungan kafein seperti kopi dan teh memang menjadi pilihan tersendiri untuk menyegarkan tubuh. Tetapi apabila dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil ternyata bisa mengakibatkan adanya tekanan pada pembuluh darah. Akibatnya pembengkakan bisa saja terjadi.

  1. Berjalan Dengan Memberikan Beban Pada Kaki

Cara Mengobati Kaki Bengkak

Tidak sampai disitu saja, kebiasaan banyak berjalan atau posisi yang memberikan beban jauh lebih besar terhadap kaki juga bisa menjadi penyebabnya. Itulah mengapa, selama kehamilan, sangat dirasakan agar tidak berjalan secara berlebihan.

  1. Mengalami Dehidrasi

Cara Mengobati Kaki Bengkak

Selama hamil, kebutuhan akan cairan memang harus terpenuhi dengan optimal. Namun ketika tubuh kekurangan air putih bahkan sampai dehidrasi ternyata bisa mengakibatkan terjadinya masalah diatas.

Cara Mengobati

Sudah tahu bukan apa sajakah penyebab dari masalah diatas? Moms sebaiknya harus mengetahui bagaimanakah mengobatinya sehingga tidak mengganggu aktivitas anda tersebut. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Perhatikan Pola Makan

Hal pertama yang wajib diperhatikan oleh anda adalah dengan memperhatikan pola makan terlebih dahulu. perlu diingat bahwa pembengkakan dapat terjadi apabila ibu hamil kekurangan asupan kalium, mengkonsumsi kafein dengan jumlah tinggi hingga makanan mengandung garam. Itulah mengapa mulailah mengatur pola makan terlebih dahulu.

  1. Jangan Biarkan Tubuh Dehidrasi

Mengkonsumsi air putih yang cukup ternyata bisa membantu anda buat mengatasi masalah pembengkakan. Itulah sebabnya, jangan sampai membiarkan tubuh mengalami dehidrasi begitu saja selama kehamilan.

  1. Kompres Hangat

Berdasarkan dengan penelitian yang dilakukan, kompres hangat inipun juga bermanfaat buat mengatasi masalah satu ini lho. Sebab panas sendiri dapat melancarkan peredaran darah di sekitar area bersangkutan. Dengan begitu aliran darah menuju ke jantung jauh lebih sehat.

Namun, jika pembengkakan terjadi mendadak dan disertai dengan sakit kepala, muntah ataupun masalah penglihatan, sebaiknya harus berhati-hati. Jika cara mengobati kaki bengkak diatas kurang efektif, segera hubungi pusat kesehatan terdekat.

TRENDING :   Aman dan Ampuh! Cara Cepat Menurunkan Panas Pada Bayi tanpa Obat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.