Cara Mengobati tenggorokan Gatal

Penyebab Cara Mengobati Tenggorokan Gatal, Ini Yang Harus Diketahui

Hampir sebagian besar orang pastinya pernah mengalami rasa gatal pada tenggorokan terutama ketika sedang batuk bukan? Biasanya kondisi ini dapat terjadi apabila seseorang mengalami batuk kering. Lantas bagaimanakah cara mengobati tenggorokan gatal tersebut? untuk memahaminya lebih lanjut, maka anda perlu menyimak ulasan berikut.

Walaupun terdengar cukup sepele, tetapi tenggorokan yang gatal bisa mengakibatkan aktivitas harian anda jadi terganggu. Bahkan bisa menyebabkan kurang produktif ketika sedang bekerja. Secara umum, penyakit ini dapat dipicu oleh berbagai macam masalah seperti cuaca, flu, alergi hingga radang amandel. Selain itu, adanya infeksi virus ataupun bakteri juga menjadi penyebab lain.

Penyebab Tenggorokan Gatal

Gejala utama apabila penyakit ini menyerang diantaranya adalah tenggorokan akan terasa perih, nyeri sekaligus gatal. Biasanya gejala tersebut akan terjadi bersamaan dengan gangguan lain seperti sakit ketika akan menelan makanan, demam hingga batuk kering.

Sebelum mengetahui bagaimanakah cara mengobati tenggorokan gatal tersebut, maka sangat penting untuk memahami apa sebetulnya penyebab dari kondisi satu ini berikut.

  1. Sakit Tenggorokan

Cara Mengobati tenggorokan Gatal

Kondisi ini biasanya disebabkan karena adanya infeksi virus seperti flu ataupun pilek. Rasa gatal itulah biasanya timbul akibat adanya peradangan pada tenggorokan yang sudah terinfeksi. Peradangannya biasanya dapat terjadi sekitar amandel, pita suara ataupun katup epiglottis. Peradangan inilah biasanya disebabkan karena adanya bakteri bernama streptococcus.

  1. Mengalami Alergi

Cara Mengobati tenggorokan Gatal

Penyakit diatas juga bisa timbul akibat adanya alergi terutama ketika pasien terpapar zat pemicu tertentu seperti makanan, bulu binatang, debu, seruk sari ataupun obat-obatan lainnya yang bisa memicu allergen atau sumber alergi.

  1. Post-nasal Drip

Cara Mengobati tenggorokan Gatal

Istilah ini memang masih asing bagi sebagian besar orang dimana merupakan kondisi lendir dalam jumlah banyak yang diproduksi oleh saluran napas bagian atas. Kondisi inilah ternyata bisa memunculkan sensasi dahsyat menumpuk di bagian tenggorokan sehingga akan terasa gatal.

  1. Iritasi Akibat Paparan Asap Rokok, Zat Kimia ataupun Polusi
TRENDING :   Cara Mengobati Panas Dalam, Sepele Tetapi Cukup Mengganggu

Selain beberapa penyebab diatas, masih ada lagi penyebab lainnya yakni akibat adanya paparan asap rokok, zat kimia ataupun polusi dimana mampu mengiritasi saluran napas sekaligus membuat tenggorokan terasa gatal. Biasanya kondisi seperti ini akan menyebabkan gejala lain seperti dahak dan batuk.

Cara Mengobati tenggorokan Gatal

Cara Mengobati tenggorokan Gatal

Sampai disini, anda penasaran bukan bagaimanakah cara mengatasi tenggorokan yang terasa gatal tersebut? Ada beberapa cara dimana dapat digunakan buat mengatasinya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan beberapa cara alami berikut ini.

  1. Kumur Air Garam

Pertama, pasien bisa segera berkumur dengan menggunakan air garam. Seperti sudah diketahui, garam sendiri mempunyai kandungan berupa antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Caranya cukup mudah, yakni bisa mencampurkan garam secukupnya dengan air hangat. Kemudian kumur-kumurlah selama beberapa detik.

  1. Susu dan Kunyit

Segelas susu dan kunyit ternyata juga dipercaya mampu mengatasi masalah satu ini. Anda bisa mencampurkan satu gelas susu dengan 1 sdt bubuk kunyit. Setelah mendidih, maka bisa anda bisa langsung meminumkan ketika suhunya sudah turun.

  1. Jahe dengan lemon dan Madu

Manfaat dari jahe memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena rempah satu ini dipercaya memberikan segudang khasiat termasuk meredakan rasa gatal pada tenggorokan. Caranya sendiri sangat mudah yakni dengan mencampurkan jahe dengan lemon sekaligus madu.

Jika cara alami diatas belum juga ampuh, maka bisa menggunakan obat antihistamin, dextromethorphan hingga dekongestan. Tetapi ingat, anda harus melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Demikian cara mengobati tenggorokan gatal dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.