cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang

Inilah 4 Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Masalah gusi dapat terjadi saat Anda abai terhadap kebersihan mulut. Biasanya, paling umum bengkak terjadi disebabkan karena gigi ada yang berlubang. Saat hal ini sudah terjadi, tentu rasanya akan sangat menyiksa. Bahkan, jika cukup parah seseorang bisa juga mengalami nyeri dan juga demam. Lantas, bagaimanakah cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang ini?

Sebenarnya, saat gusi mengalami masalah, Anda bisa langsung datang ke dokter gigi terdekat. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa cara alami tanpa obat untuk mengatasi masalah tersebut? Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui cara tersebut, berikut ini adalah informasi selengkapnya.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang Tanpa Obat

  1. Jahe

cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang

Cara pertama mengatasi masalah seperti ini adalah menggunakan bahan rempah jahe. Jahe memang sudah terkenal mempunyai banyak manfaat, terutama dalam hal kesehatan. Di dalam rempah tersebut, terkandung zat anti inflamasi serta antioksidan. Kombinasi dari kedua zat tersebut dipercaya dapat sangat efektif untuk meredakan bengkak yang terjadi di gusi.

  1. Berkumur Larutan Garam

cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan garam untuk mengatasi masalah pada gusi. Seperti diketahui, garam sudah terkenal dapat digunakan untuk membantu pengobatan. Salah satunya adalah dapat meredakan bengkak. Hal tersebut karena di dalam garam mengandung anti bakteri yang dapat mengatasi infeksi oleh bakteri.

Untuk menggunakannya sangat mudah sekali. Anda hanya perlu mencampur air hangat dengan garam sebanyak setengah sendok teh. Campurkanlah hingga merata dan gunakan untuk berkumur. Untuk mendapatkan hasil maksimal, berkumur bisa dilakukan hingga 3 kali sehari.

  1. Mengompres

cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak adalah dengan mengompresnya. Anda dapat mengompres menggunakan air dingin ataupun air hangat. Untuk melakukannya, cukup siapkan saja kain lembut dan rendam di air hangat/dingin. Setelah itu, taruh kain tersebut ke bagian yang sakit selama beberapa menit.

TRENDING :   Inilah 5 Cara Mengobati Kanker Payudara

Untuk mendapatkan hasil kinerja maksimal, mengompres bisa dilakukan paling tidak 2 kali dalam satu hari. Jika memang bengkak hanya disebabkan oleh bakteri, dalam beberapa saat akan dapat mengempis sendiri. Namun, apabila setelah kompres dilakukan bengkak tidak berkurang, maka sebaiknya mendatangi dokter terdekat untuk mendapatkan pengecekan lebih lanjut.

  1. Kunyit

cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang

Selain jahe, Anda juga dapat menggunakan bahan alami kunyit untuk mengatasi peradangan pada gusi. Cara penggunaan dari bahan tersebut juga sangat mudah. Dalam kasus ini, yang digunakan adalah kunyit berbentuk bubuk. Jadi, Anda bisa menggiling kunyit sendiri menjadi bubuk atau lebih mudah lagi membeli kunyit bubuk ke penjual terdekat.

Untuk mengaplikasikan pada bagian yang sakit, cukup campurkan saja bubuk kunyit dengan air. Campurkanlah sampai membentuk adonan seperti pasta. Jika sudah seperti itu, langsung saja Anda gunakan pasta tersebut ke bagian yang bengkak. Tunggulah beberapa menit sampai bahan kunyit meresap kebagian gusi.

Setelah dirasa cukup, segera berkumur dengan air bersih. Jika cara ini berhasil, maka dalam beberapa waktu bengkak pada gusi akan mengempis. Namun, jika memang dirasa tidak dapat memberikan hasil terbaik, Anda dapat mendatangi klinik gigi terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Anda dapat mencoba beberapa cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang di atas sebagai langkah awal penanganan bengkak. Namun, jika memang sudah telanjur parah, Anda dapat langsung segera mendatangi klinik gigi terdekat. Dengan begitu, penanganan serta analisis kasus lebih jauh bisa dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.