cara mengobati flu

4 Cara Mengobati Flu Tanpa Menggunakan Obat

Flu merupakan salah satu jenis penyakit yang umum menyerang manusia. Gejala dari penyakit tersebut sangat beragam. Ada yang pilek, pusing, demam, ataupun nyeri sendi. Untuk mengatasinya, biasanya orang langsung minum obat kimia. Namun, tahukah Anda jika terdapat cara mengobati flu tanpa obat? Nah, berikut ini adalah beberapa cara alami tersebut.

Cara Mengobati Flu Tanpa Obat

  1. Banyak Minum Air Putih

cara mengobati flu

Pada saat penyakit ini melanda, umumnya akan mengalami yang namanya dehidrasi. Apalagi jika penderita mengalami gejala diare ataupun muntah. Apabila seperti itu, tentu cairan dalam tubuh akan banyak berkurang. Nah, hal tersebutlah yang menyebabkan dehidrasi. Untuk mengatasinya, pastikan bahwa cairan tubuh terpenuhi.

Minum air putih saat mengalami sakit tersebut merupakan salah satu pilihan tepat. Selain itu, bisa juga mengonsumsi larutan elektrolit ataupun jus buah. Sementara minuman yang wajib dihindari adalah minuman mengandung kafein karena sifatnya diuretik. Apabila saat mengonsumsi air terasa mual, maka minumlah secara sedikit-sedikit.

  1. Menyantap Sup Ayam

cara mengobati flu

Mengonsumsi sup ayam telah menjadi cara ampuh dari generasi terdahulu dalam mengatasi gejala flu dan juga pilek. Tetapi, apakah hal tersebut benar? Hal itu mungkin saja bisa benar. Dalam satu penelitian dikatakan bahwa sup ayam bisa mengurangi gejala infeksi pada saluran pernapasan atas seperti flu atau pilek.

Di dalam sup ayam, terdapat banyak sekali kandungannya. Salah satunya adalah adanya efek anti inflamasi, punya uap yang dapat membantu mengatasi sinus, meringankan gejala infeksi pernapasan, dan pastinya kaya akan nutrisi. Melihat berbagai macam kandungan serta manfaat tersebut, bisa dikatakan bahwa sup ayam dapat membantu mengatasi masalah saat flu menyerang tubuh kita.

  1. Istirahat Cukup

cara mengobati flu

Pada saat sedang sakit, tubuh secara alami akan “menyuruh” Anda untuk beristirahat cukup. Biasanya, saat flu melanda tubuh terasa tidak enak untuk melakukan berbagai macam kegiatan fisik. Hal tersebut merupakan sesuatu yang alami untuk membuat Anda beristirahat. Apalagi jika gejala yang ditunjukkan terbilang cukup parah.

TRENDING :   Tanaman Obat Herbal Kanker Payudara, Anda Wanita Wajib Coba!

Beristirahat dapat membuat tubuh lebih kuat saat menghadapi gangguan infeksi. Tidak hanya itu saja, memenuhi kebutuhan tidur juga membuat sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, pada saat penyakit ini menyerang, sangat dianjurkan untuk banyak-banyak beristirahat. Cukupi kebutuhan tidur paling tidak 8 jam sehari.

  1. Mandi Menggunakan Air Hangat

cara mengobati flu

Menghirup uap atau udara lembap dinilai dapat membantu Anda saat terserang sakit tenggorokan dan juga hidung tersumbat. Cara terbaik untuk dapat melakukan hal tersebut adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Ana bisa mandi paling tidak sekali saja dalam sehari menggunakan air hangat.

Cara untuk melakukan hal ini sangat mudah. Tinggal masak saja air panas dan campurkan ke dalam ember mandi. Akan lebih mudah lagi apabila sebelumnya sudah punya shower yang sudah dilengkapi dengan pemanas. Setelah air hangat siap, langsung saja hirup uapnya.

Selain mandi air hangat, Anda juga dapat memperoleh uap lembap dari menggunakan alat vaporizer/alat uap dan juga pelembap udara humidifier. Alat tersebut dapat menciptakan kelembapan udara yang baik untuk pemulihan sakit flu. Jangan lupa juga untuk rajin membersihkan alat tersebut dari lumut serta jamur.

Itulah tadi 4 cara mengobati flu tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Hal tersebut bisa dilakukan saat gejala yang ditimbulkan masih tergolong ringan sampai menengah. Namun, apabila memang sakit dirasa terlalu parah, maka dapat langsung segera dikonsultasikan dengan dokter. Hal itu untuk mengetahui apakah ada masalah lain yang terjadi pada tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.