cara mengobati sakit mata

4 Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami

Mata merupakan bagian tubuh yang punya peran sangat vital. Jadi, pada saat bagian tersebut sakit, tentu akan sangat mengganggu aktivitas Anda. Jika sudah seperti itu, maka Anda harus segera mencari cara mengobati sakit mata tersebut. Apabila dibiarkan terlalu lama, takutnya hal tersebut malah akan menimbulkan gangguan yang lebih parah lagi.

Pada umumnya, Anda bisa mengatasi masalah mata tersebut menggunakan obat kimia. Namun, jika ingin mencoba pengobatan lebih alami, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

Cara Mengobati Sakit Mata Alami

  1. Larutan Air Garam Steril

cara mengobati sakit mata

Secara alami, di dalam garam terkandung zat antibakteri. Zat tersebut dapat membantu melawan kuman yang bisa menyebabkan infeksi masuk ke mata. Selain itu, larutan garam juga sangat bagus untuk membersihkan mata. Untuk mendapatkan larutan tersebut, Anda bisa mendapatkannya di apotek-apotek terdekat di daerah Anda.

Menggunakan larutan ini bisa menjadi salah satu cara alami ampuh untuk mengatasi sakit mata. Cara penggunaannya juga sangat sederhana. Tinggal teteskan saja ke mata sebanyak 3 sampai dengan 4 kali sehari, masalah mata biasa sudah bisa diselesaikan. Untuk membuat larutan terserap dengan baik, hindarilah untuk mengucek mata menggunakan tangan setelah meneteskan cairan.

  1. Kompres Hangat

cara mengobati sakit mata

Mengompres menggunakan handuk hangat juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah mata ringan, seperti iritasi, dan juga mata kering atau merah. Rasa hangat yang diberikan, dapat membuat otot menjadi lebih riles. Selain itu, rasa nyeri juga dapat berkurang setelah diberikan kompres hangat.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu siapkan air hangat serta alat kompres atau kain bersih lembut. Rendam kain tersebut beberapa saat, kemudian angkat. Selanjutnya, peras kainnya dan segera gunakan pada daerah yang sakit. Lakukan kompres ini paling tidak 2 kali dalam sehari selama 15 sampai dengan 30 menit.

  1. Kompres Dingin
TRENDING :   Cara Mengobati Anak Kucing Mencret Secara Alami, Jangan Sepelekan

cara mengobati sakit mata

Selain menggunakan air panas/hangat, kompres juga bisa dilakukan menggunakan air dingin atau es. Cara ini juga dinilai cukup ampuh untuk meredakan sakit mata. Fungsi lain dari kompres dingin adalah untuk meredakan memar serta pembengkakan.

Cara penggunaannya kurang lebih hampir sama dengan mengompres menggunakan air hangat. Anda hanya perlu menyiapkan kain lembut beserta air dingin. Berikutnya, cukup rendam kain ke air es beberapa menit saja. Setelah itu peras dan segera gunakan kain tersebut pada bagian yang sakit selama kurang lebih 10 menit.

  1. Kantong Teh

cara mengobati sakit mata

Berikutnya, Anda juga dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan kantong teh. Hal itu karena di dalam teh, terdapat kandungan bernama antioksidan. Zat tersebut biasa ditemui pada jenis teh hijau, chamomile, ataupun teh hitam. Zat antioksidan dipercaya bisa membantu dalam menurunkan keluhan sakit seperti bengkak, kering, serta mata merah.

Cara menggunakan kantong teh tersebut cukup mudah. Pertama-tama, masukkan kantong ke dalam pendingin selama beberapa menit. Setelah kantong menjadi dingin, selanjutnya langsung saja terapkan pada bagian yang mengalami sakit. Lakukan hal ini paling tidak selama 20 sampai 30 menit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa melakukannya sebanyak 2 sampai 3 kali dalam satu hari.

Itulah tadi berbagai macam cara mengobati sakit mata secara alami. Cara terebut bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin menghindari obat-obatan kimia. Namun, apabila memang sakit tidak kunjung membaik, maka tidak ada salahnya untuk segera memeriksakannya ke dokter mata. Dengan begitu, penyakit bisa analisis lebih akurat lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.