cara mengobati kutu air

Ini Dia 3 Cara Mengobati kutu Air Terampuh

Kutu air merupakan jenis penyakit infeksi yang disebabkan oleh jamur kulit. Biasanya, masalah tersebut menyerang di bagian telapak kaki ataupun disela-sela jari. Pada saat penyakit tersebut menyerang, penderita akan merasakan rasa gatal di bagian terinfeksi, kulit pecah-pecah, terkelupas, bersisik, hingga terasa perih. Jika sudah seperti itu, Anda tentu harus mencari cara mengobati kutu air tersebut.

cara mengobati kutu air

Pada umumnya, kutu air bisa muncul karena faktor lingkungan. Kondisi lingkungan yang lembap serta panas dapat menjadi salah satu pemicu kuatnya. Penyakit tersebut termasuk jenis yang bisa menular melalui kontak fisik. Untuk itu, saat orang terdekat ada yang kena, lebih baik untuk berhati-hati. Lantas, bagaimana jika sudah tertular? Apabila seperti itu, Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut.

Berbagai Macam Cara Mengobati Kutu Air

Seperti sudah dijelaskan di awal, kutu air memang sangat mengganggu. Bahkan, penyakit tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda jika sudah mulai menyebar. Nah, untuk mencegah terjadinya penyebaran yang lebih luas lagi, Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini.

  1. Obat Oles Anti Jamur

cara mengobati kutu air

Pengobatan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan obat/salep anti jamur. Anda bisa gunakan Clotrimazole, Terbinafine, ataupun Miconazole. Untuk masa pengobatannya, biasanya memakan waktu kurang lebih 1 sampai dengan 2 minggu.

Saat akan mengoleskan salep obat jamur ini, terlebih dahulu daerah kaki harus dibersihkan. Gunakanlah sabun dan air mengalir untuk membersihkannya. Setelah bersih, segera keringkan secara menyeluruh, termasuk ke bagian sela-sela jari. Jika sudah kering, segera oleskan salem secukupnya di daerah terinfeksi.

Jika sudah, tinggal tunggu saja obatnya sampai kering. Setelah obat dioleskan, sangat tidak disarankan untuk langsung menggunakan alas kaki tertutup seperti sepatu. Hal tersebut bertujuan agar daerah kaki tidak lembap.

  1. Rendam Kaki di Larutan Garam
TRENDING :   Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam, Cek Tipsnya !

cara mengobati kutu air

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi serangan kutu air adalah merendam kaki di larutan air garam. Metode ini sangat mudah sekali dilakukan. Anda hanya perlu mencampurkan air dengan garam laut. Selain itu, larutan juga bisa ditambahkan cuka, serbuk teh hijau, ataupun tea tree.

Berbagai macam campuran tersebut fungsinya bukan untuk membunuh jamur ataupun meredakan infeksi, tetapi untuk mengurangi rasa perih dan gatal yang melanda saat kutu air menyerang. Seperti diketahui, meski bukan penyakit parah, namun rasa gatal yang ditimbulkan seringkali sangat mengganggu aktivitas si penderita.

  1. Minum Obat Anti Jamur

cara mengobati kutu air

Jika tidak ingin menggunakan obat oles, Anda bisa memilih untuk minum obat jamur oral. Cara tersebut biasa digunakan saat kutu air sudah terlalu meluas sampai ke bagian-bagian tubuh lainnya. Kondisi ini dapat terjadi pada orang dengan imunitas lemah seperti pasien kemoterapi, diabetes melitus, pengguna kortikosteroid, serta penderita HIV/AIDS.

Selain itu, apabila ditemukan gejala lain seperti munculnya luka borok ataupun kulit melepuh bernanah, itu bisa menjadi indikasi munculnya penyakit lain yang dipicu oleh jamur. Apabila sudah seperti itu, pihak dokter akan memberikan tambahan resep obat antibiotik dalam bentuk salep atau obat oral. Semua itu kembali lagi tergantung pada tingkat parahnya infeksi yang ditimbulkan.

Demikianlah tadi berbagai macam cara mengobati kutu air yang bisa dilakukan. Meskipun sudah banyak cara untuk mengobatinya, tentu akan lebih baik lagi jika Anda melakukan pencegahan terhadap penyakit tersebut. Salah satu caranya adalah selalu menjaga kebersihan serta kelembapan kaki. Pastikan bahwa setelah mencuci kaki, Anda langsung mengelap sampai kering agar jamur tidak tumbuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.