cara mengobati sakit gigi berlubang

Cara Mudah Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami

Menderita sakit gigi memang merupakan hal yang tidak mengenakan. Biasanya, munculnya rasa sakit tersebut disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah adanya gigi berlubang. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa coba menggunakan cara mengobati sakit gigi berlubang secara alami. Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk melakukannya.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami

  1. Bawang putih

 

cara mengobati sakit gigi berlubang

Bahan pertama adalah bawang putih. Rempah yang satu ini memang sudah dikenal lama sebagai antibakteri alami. Kandungan di dalam bawang putih juga bisa membantu mengurangi nyeri yang disebabkan oleh gigi berlubang. Selain itu, bahan tersebut juga dapat membantu menyehatkan gigi serta gusi Anda.

Cara penggunaan dari bahan ini juga sangat mudah. Anda bisa mencampurkan bawang putih dengan garam untuk kemudian di oleskan di gigi berlubang. Setelah 10 menit, Anda dapat segera berkumur. Lakukan ini sebanyak dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal. Apabila Anda tidak ingin terlalu ribet, Anda juga dapat langsung memakan bawang putih mentah.

  1. Kunyit

cara mengobati sakit gigi berlubang

Di dalam rempah kunyit, terdapat kandungan vitamin C. Seperti kita ketahui, vitamin C tersebut punya sifat alami antibakteri dan anti peradangan. Berkat kandungan tersebut, kunyit juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah gigi yang terinfeksi bakteri.

Cara menggunakan kunyit untuk pengobatan tersebut juga sangat mudah. Cukup hancurkan saja kunyit hingga menjadi bubuk atau Anda juga bisa membelinya di toko rempah. Setelah itu, oleskan kunyit kebagian yang sakit. Diamkan beberapa saat lalu kumur menggunakan air hangat. Lakukan hal ini beberapa kali agar khasiat dari kunyit bisa terserap dengan baik.

  1. Cengkeh

cara mengobati sakit gigi berlubang

Sama halnya dengan bahan sebelumnya, cengkeh juga mengandung zat anti peradangan, antibakteri, dan juga analgesik. Berkat kemampuannya tersebut, cengkeh sudah sejak dahulu digunakan sebagai salah satu obat tradisional yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi. Selain itu, rupanya cengkeh juga bisa dijadikan sebagai pencegah terjadinya gigi berlubang.

TRENDING :   Cara Mengobati Mata Merah Sebelah Paling Efektif, Wajib Dicoba!

Untuk mengaplikasikan bahan tersebut, Anda bisa siapkan minyak cengkeh 3 tetes serta seperempat sendok teh minyak wijen. Setelah itu, celupkan saja kapas ke campuran tersebut dan oles/tepuk ke bagian gigi yang sakit. Agar mendapatkan hasil maksimal, pengobatan ini sebaiknya dilakukan saat malam hari menjelang tidur.

Cara alternatif lain yang lebih mudah dilakukan adalah Anda bisa mengunyah cengkeh secara langsung. Nantinya, cengkeh akan mengalami ekstraksi dan menjadi minyak. Setelah itu, diamkan saja minyak hasil kunyahan tersebut di bawah lidah. Tunggulah beberapa menit agar kandungan dari cengkeh bisa diserap oleh tubuh.

  1. Garam

cara mengobati sakit gigi berlubang

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah garam. Bahan yang satu ini di dalamnya punya kandungan antibakteri dan antiseptik. Anda dapat berkumur menggunakan air garam untuk meredakan rasa nyeri, mengatasi terjadinya infeksi, ataupun melindungi mulut dari perkembangan bakteri.

Penggunaan garam sebagai obat sangat sederhana. Anda cukup siapkan saja satu sendok teh garam dan segelas air hangat. Larutkan garam ke dalam air tersebut, kemudian gunakanlah untuk berkumur. Lakukanlah pengobatan ini sebanyak 3 kali sehari hingga gejala sakit nyeri sudah berkurang.

Itulah beberapa cara mengobati sakit gigi berlubang secara alami yang bisa Anda coba gunakan. Cara tersebut sangat cocok bagi Anda yang mungkin ingin mengurangi konsumsi obat kimia. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengobati secara alami ini sangat mudah ditemukan di sekitar kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.