cara mengobati mata merah

4 Cara Mengobati Mata Merah dengan Mudah

Mengalami mata merah memang kerap kali dialami oleh banyak orang dan menggangu kesehatan mata juga. Paling sering, hal itu disebabkan karena terjadi iritasi atau infeksi di mata. Akan tetapi, hal lain seperti pelebaran pembuluh darah, reaksi alergi, sampai cedera mata bisa juga menyebabkan mata merah. Lantas, bagaimana cara mengobati mata merah tersebut?

Untuk mengatasi masalah tersebut, terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba gunakan. Agar lebih jelas, langsung saja Anda simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mengobati Mata Merah Dengan Mudah

Seperti dikatakan sebelumnya, penyebab dari masalah ini ada banyak. Oleh karena itu, pengobatannya juga harus disesuaikan dengan penyebabnya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut:

  1. Kompres Air Dingin

cara mengobati mata merah
cara mengobati mata merah bisa juga dengan menggunakan air dingin

Cara pertama yang bisa digunakan adalah dengan memberikan kompres air dingin. Metode ini biasa digunakan untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh gatal iritasi ataupun bengkak. Caranya sangat mudah sekali. Cukup siapkan handuk kompres dan es batu secukupnya. Setelah itu, tinggal bungkus es menggunakan handuk. Jika sudah, segera lakukan kompres kurang lebih 10 menit.

  1. Humidifier

Humidifier
cara yang kedua untuk mengobati mata merah bisa menggunakan humidifier

Pada saat berada di ruangan dengan pendingin ruangan atau AC, tentu udara di dalamnya akan jadi kering. Kondisi seperti itu lama-kelamaan akan menyebabkan mata menjadi merah dan kering. Nah, untuk mengatasi masalah seperti itu, bisa digunakan pelembap udara serta humidifier.

Selain dapat digunakan untuk membuat udara menjadi lebih lembap, humidifier juga bisa membersihkan kotoran serta debu di udara yang berpotensi menyebabkan alergi atau iritasi. Dengan begitu, tidak hanya terhindar dari masalah iritasi saja, Anda juga bisa mendapatkan kualitas udara yang lebih bersih lagi jika menggunakan humidifier di ruangan.

  1. Obat Tetes

obat tetes mata
cara mengobati mata merah dengan menggunakan obat tetes mata

Cara berikutnya yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan obat tetes. Barang tersebut bisa Anda dapatkan dengan cukup mudah di pasaran. Akan tetapi, dalam memilih produknya, Anda harus lebih cermat lagi. Pastikan terlebih dahulu tentang kandungan serta fungsi dari produk tetes tersebut.

TRENDING :   Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Ginjal Stadium Awal

Untuk obat tetes antihistamin, biasanya digunakan untuk dapat meredakan mata merah karena alergi. Sedangkan, obat yang memiliki kandungan dekongestan berfungsi mengurangi mata merah yang diakibatkan oleh melebarnya pembuluh darah.

Dikarenakan jenis serta fungsinya cukup beragam, maka Anda harus mencermati kandungannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Selain itu, penggunaan tetes terebut tidak boleh dalam jangka waktu terlalu panjang. Paling tidak, gunakan obat tersebut untuk pemakaian paling lama 3 hari saja.

Hal yang perlu diperhatikan adalah apabila memang Anda kurang mengetahui atau tidak yakin dengan penyebab mata menjadi merah, ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat-obatan tersebut.

  1. Kompres Air Hangat

Kompres Air Hangat
Kompres Air Hangat dapat membantu juga mengobati mata merah

Cara berikutnya ini kurang lebih sama dengan mengompres menggunakan air dingin. Hanya saja, pada metode ini menggunakan air hangat atau panas untuk kompres. Caranya sangat mudah sekali dilakukan. Cukup siapkan handuk dan kemudian rendam di air hangat beberapa saat dan peras. Selanjutnya, letakkan handuk tersebut ke mata kurang lebih selama 10 menit saja.

Itulah tadi beberapa cara mengobati mata merah yang bisa Anda coba gunakan. Secara keseluruhan, tips di atas sangat mudah untuk dilakukan. Nah, apabila memang tidak kunjung mereda juga setelah dilakukan beberapa treatment di atas, maka jangan ragu untuk segera datangi dokter mata. Hal itu bertujuan untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang apa masalah yang menjadi penyebab masalah tersebut.

Pencarian PopulerCara Mengobati Mata Merah Dan Berair ,Cara Mengobati Mata Merah Dan Mengganjal ,Cara Mengobati Mata Merah Sebelah Kiri ,Cara Mengobati Mata Merah Dengan Bahan Alami ,Cara Mengobati Mata Merah Sebelah Kiri Secara Alami ,Obat Mata Merah Di Apotik ,Cara Memutihkan Mata Merah Permanen,Cara Mengobati Mata Merah Akibat Benturan ,Cara Mengobati Mata Merah Karena Radiasi Hp ,Cara Mengobati Mata Merah Pada Anak Karena Hp ,Cara Mengobati Mata Merah Sebelah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.