cara mengobati kanker payudara

Inilah 5 Cara Mengobati Kanker Payudara

Penyakit kanker payudara menjadi salah satu kasus cancer tertinggi di Negara Indonesia. Hal itu terlihat dengan banyaknya kasus yang terjadi setiap tahunnya. Seperti halnya jenis penyakit lainnya, terdapat beberapa cara mengobati kanker payudara yang bisa dilakukan. Apakah saja cara untuk mengobati penyakit tersebut? Berikut ini adalah informasinya untuk Anda.

Cara Mengobati Kanker Payudara

  1. Operasi Pembedahan

pengobatan kanker payudara

Penanganan pertama yang bisa dilakukan untuk penderita kasus kanker payudara adalah dengan melakukan operasi atau pembedahan. Secara umum, terdapat beberapa macam jenis tindakan operasi. Berikut adalah jenis operasi-operasi terebut:

  • Bedah Mastektomi, yakni jenis pembedahan untuk mengangkat semua jaringan pada payudara serta kelenjar getah bening yang sudah ikut terkena.
  • Bedah Konservatif (BCS), yakni tindakan membuang sel kanker dengan mengambil sebagian saja jaringan payudara serta melakukan pembersihan kelenjar getah bening.
  • Operasi Mastektomi dan Rekonstruksi, yakni sebuah tindakan medis dengan menggunakan metode mastektomi yang kemudian diikuti dengan mengganti bagian payudara yang di angkat menggunakan bagian jaringan tubuh sendiri ataupun implant.

Tindakan operasi di atas tentunya dilakukan setelah melakukan berbagai macam pengamatan serta pertimbangan matang. Selain itu, pembedahan tersebut juga dilakukan sesuai dengan kondisi penderita. Dengan begitu, penyakit bisa dikendalikan dengan cara lebih tepat lagi.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi

Cara lain untuk mengatasi masalah kanker payudara adalah melakukan kemoterapi. Kemoterapi merupakan sebuah terapi sistemik menggunakan obat sitstatika untuk membuat perkembangan sel kanker terhambat. Biasanya, terapi semacam ini dilakukan kepada penderita setelah proses pembedahan selesai dilakukan. Tujuannya tentu agar sel tidak kembali tumbuh.

Pada jenis terapi ini, terdapat beberapa macam regimen obat yang biasa diberikan. Jenis tersebut diberikan sesuai dengan karakter kanker yang diderita, fasilitas pendukung, serta kondisi si pasien. Oleh karena itulah, dalam menentukan obat penyakit ini, sangat disarankan untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang bersangkutan agar pengobatan bisa sesuai kebutuhan.

  1. Terapi Hormon

Selain kemoterapi, hormon terapi juga bisa digunakan untuk melakukan pengobatan pada penderita kanker payudara. Sesuai namanya, cara ini merupakan sebuah tindakan sistemik yang dilakukan menggunakan obat hormonal. Terapi yang dilakukan bisa pembedahan ataupun medikamentosa.

TRENDING :   Yuk Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Rambut Rontok Berikut

Akan tetapi, cara ini dikatakan hanya efektif untuk penderita yang immunohistokimia serta patologi anatominya menunjukkan hormonal status positif. Jika hal terebut tidak terpenuhi, maka terapi ini tidak akan efektif untuk digunakan.

  1. Terapi Target

Terapi Target

Pengobatan berikutnya bisa juga menggunakan terapi target. Terapi target merupakan kegiatan pengobatan menggunakan berbagai macam bahan kimia ataupun obat lain untuk melakukan identifikasi dan menyerang sel penyakit secara lebih spesifik tanpa harus membunuh sel normal. Terapi yang dilakukan pada metode ini antara lain:

  • Anti HER-2
  • Antibodi monoklonal
  • Penghambat tirosin kinase
  • Cyclin-dependent kinase inhibitors

Untuk membuat pengobatan berjalan lebih efektif, sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter terkait agar bisa mendapatkan terapi yang tepat.

  1. Terapi Radiasi

Terapi Radiasi

Terakhir, pengobatan bisa juga dilakukan menggunakan terapi radiasi. Pengobatan ini dilakukan menggunakan x ray tenaga tinggi. Nantinya, sinar akan diarahkan untuk menghambat atau bahkan melenyapkan sel kanker. Biasanya, penanganan ini diaplikasikan kepada pasien setelah proses operasi pembedahan.

Penerapan berbagai macam cara mengobati kanker payudara di atas tentu harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien. Oleh karena itu, hal yang paling ditekankan di sini adalah pastikan bahwa sebelum menentukan pilihan, si pasien telah melakukan konsultasi secara mendalam dengan dokter terkait. Dengan begitu, proses pengobatan dapat berjalan lebih efektif dan pasien bisa segera sembuh.

Pencarian PopulerCara Mengobati Kanker Payudara Stadium Akhir ,Cara Mengobati Kanker Payudara Stadium Awal ,Benjolan Gambar Kanker Payudara Stadium Awal Sampai Akhir ,Cara Mencegah Kanker Payudara,Cara Mengobati Kanker Payudara Dengan Daun Sirih ,Cara Mengobati Kanker Payudara Secara Alami ,Cara Mengobati Kanker Payudara Stadium 4 ,Cara Mengobati Kanker Payudara Tanpa Operasi ,Detox Untuk Kanker Payudara ,Gambar Kanker Payudara ,Obat Herbal Untuk Mengeringkan Luka Kanker Payudara ,Tanaman Obat Kanker Payudara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.