cara mengobati mata bengkak

4 Cara Mengobati Mata Bengkak Secara Alami

Menjaga kesehatan tubuh adalah kewajiban bagi setiap manusia, salah satunya adalah kesehatan mata. Akan tetapi, sebaik apapun proses perawatan pasti akan ada kelengahan yang menyebabkan terjadi gangguan. Mata bengkak adalah satu dari beberapa contohnya. Pada kali ini akan dibahas tentang cara mengobati mata bengkak secara alami. Dengan demikian, Anda tidak perlu menggunakan obat-obat kimia terlebih dahulu.

Sebelum masuk ke pembahasan, ada satu hal yang perlu diketahui, yakni terdapat banyak sekali penyebab kasus mata bengkak. Oleh karena itu, bisa jadi beberapa cara di bawah ini tidak akan terlalu membantu dan harus segera di bawa ke dokter spesialis untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan. Apalagi jika setelah berhari-hari tidak terjadi peningkatan secara signifikan.

Penyebab Mata Bengkak

  1. Alergi

Kasus ini adalah yang paling sering terjadi. Gejalanya mungkin lebih ringan sehingga tidak membutuhkan pengobatan terlalu serius. Mata bisa bengkak ketika mengalami alergi seperti terkena debu, serbuk sari bunga, atau angin. Biasanya akan timbul gejala-gejala lain seperti mata terasa gatal, hidung tersumbat, atau bersin-bersin.

  1. Infeksi

Infeksi pada mata atau juga kerap disebut konjungtivitis juga bisa menyebabkan mata menjadi bengkak. Biasanya hal ini juga akan diikuti rasa sakit. Konjungtivitis disebabkan oleh infeksi bakteri seperti streptococcus, staphylococcus, atau influenza. Karena disebabkan bakteri, maka kemungkinan bisa menularkan ke orang lain.

  1. Bintitan

Mungkin beberapa orang sudah tidak asing dengan fenomena ini. Bintitan merupakan kasus ketika muncul benjolan di bagian sudut kelopak, tengah, atau bagian bawah. Di dalam benjolan tersebut biasanya berisi nanah dan akan terasa sakit ketika disentuh. Penyebab bintitan adalah karena serangan bakteri staphylococcus pada bagian kelenjar minyak kelopak mata.

TRENDING :   Inilah 5 Cara Mengobati Kanker Payudara

Cara Mengobati Mata Bengkak Secara Alami

  1. Mengompres air dingin

cara mengobati mata bengkak

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengompres menggunakan air dingin. Bisa jadi pembengkakan  disebabkan karena terlalu kelelahan. Cobalah gunakan kain bersih yang dibasahi air dingin. Kemudian, tempelkan secara lembut ke area sekitar pembengkakan. Ulangi cara tersebut beberapa kali hingga terasa lebih segar. Selain air, kantong teh hijau juga dapat digunakan untuk cara ini.

  1. Tidur cukup

cara mengobati mata bengkak

Normalnya setiap orang memiliki kebutuhan tidur sekitar 8 jam. Selain mengistirahatkan badan, tidur juga berguna mengistirahatkan mata yang bekerja seharian. Apabila seseorang memiliki waktu tidur kurang dari itu, kemungkinan akan terjadi masalah seperti pembengkakan. Cobalah untuk mengatur waktu tidur semaksimal mungkin serta hindari mengonsumsi kafein sebelum tidur.

  1. Minum air putih

cara mengobati mata bengkak

Selain tidur, manusia juga memiliki kebutuhan akan konsumsi air putih. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi minimal 8 gelas air putih dalam sehari. Tidak jarang beberapa kasus pembengkakan terjadi karena kurangnya cairan pada tubuh. Di sisi lain, sebisa mungkin hindari minuman beralkohol ataupun minuman lain yang dapat menyebabkan dehidrasi.

  1. Memeriksakan ke dokter

cara mengobati mata bengkak

Cara ini dinilai paling efektif dan sangat direkomendasikan. Ketika berkonsultasi ke dokter spesialis mata, Anda akan mengetahui penyebab, diagnosis, hingga cara pengobatannya. Apabila masih berskala ringan, maka kemungkinan masih bisa disembuhkan secara alami. Akan tetapi, jika masalah menunjukkan gejala cukup parah, maka harus segera dilakukan tindakan medis agar tidak menjadi lebih buruk.

Itulah tadi beberapa cara mengobati mata bengkak secara alami. Perlu diketahui, tidak semua kasus bisa diobati menggunakan cara di atas. Mungkin hanya gejala ringan sampai sedang saja akan sembuh. Namun, jika kondisi bengkak sudah cukup parah, maka sebaiknya periksa ke dokter. Biasanya hal tersebut berkaitan dengan masalah-masalah kesehatan lainnya.

TRENDING :   4 Cara Mengobati Mata Merah dengan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.