Cara Buat Tempat Tanaman Hidroponik Dari Paralon, Mudah dan Praktis

Cara Buat Tempat Tanaman Hidroponik Dari Paralon, Mudah dan Praktis!

Hidroponik merupakan sistem menanam dengan menggunakan media air, sehingga dikenal dengan budidaya tanaman tanpa media tanah. Menanam dengan sistem ini banyak dipilih mereka yang memiliki keterbatasan lahan. Cara buat tempat tanaman hidroponik pun rupanya sangat mudah dilakukan, karena hanya memanfaatkan paralon.

Jika Anda baru pertama kali mencoba teknik menanam ini, simak apa saja yang harus dipersiapkan beserta langkah membuatnya di bawah ini!

Langkah-langkah buat tempat tanaman hidroponik


  1. Persiapkan Peralatan

Langkah pertama adalah mempersiapkan peralatan dan bahan. Anda juga dapat menggunakan atau menerapkan sistem NFT jika menggunakan hidroponik vertikal dengan paralon. Berikut daftar peralatannya:

  • Paralon dan tutup paralon ukuran 3 inci
  • Penyambung paralon
  • Lem paralon
  • Bor listrik
  • Gergaji
  • Selang
  • Wadah tanam berupa gelas atau botol plastik
  • Solder
  • Pompa aquarium
  • Media serta benih tanam

Potong paralon lalu lubangi. Satu sisinya ditutup menggunakan penutup paralon, sementara sisi lainnya diberikan sambungan sebagai jalan air mengarah ke paralon lain.


  1. Buat Rancangan

    Cara buat tempat tanaman hidroponik paralon

Terdapat banyak rancangan hidroponik menggunakan paralon yang dapat dipilih. Namun umumnya orang-orang akan membuat 20 lubang, dengan memanfaatkan paralon bentuk L dan T sebagai penyambung.


  1. Lubangi Paralon

Cara buat tempat tanaman hidroponik paralon

Lubangi dengan memberikan jarak sekitar 20 cm dari setiap lubang, sehingga nantinya ketika tanaman mulai tumbuh tidak akan berhimpitan satu dengan lainnya. Setelah selesai proses melubangi, segera tutup dengan penutup lalu pasang penyambung paralon di sisi lainnya. Tak lupa tutup kedua sisi agar air dapat mengalir dan berputar.


  1. Buat Rangka Rak Penyangga

Cara buat tempat tanaman hidroponik paralon

Selanjutnya adalah membuat rangka rak penyangga. Anda perlu menyiapkan rangka dari kayu, besi, atau baja ringan. Buat rangka rak hidroponik sesuai kebutuhan, bisa dengan membentuk anak tangga atau huruf A.


  1. Pasang Netpot

Cara buat tempat tanaman hidroponik paralon

Pasangi netpot di lubang paralon. Namun jika Anda tidak ingin menggunakan netpot, dapat menggunakan gelas air mineral yang telah dilubangi kecil-kecil. Setelah tertata rapi masukkan spons di bagian dasar. Selanjutnya Anda sudah dapat meletakkan bibit tanaman di atas spons tersebut.

TRENDING :   Cara Membuat Alat Hidroponik Sederhana untuk Pemula

Tanaman Apa Saja yang Bisa Ditanam Dengan Buat Tempat Hidroponik Di Atas?

Tidak semua jenis tanaman dapat ditanam dengan metode ini, namun sebagian besar adalah sayuran hijau yang dapat dikonsumsi mulai dari kangkung, selada hijau, buncis, pakcoy, tomat merah, kailan, bayam, sawi, timun, cabai, seledri, lobak, bawang merah, daun mint, dan daun bawang.

Apa Kelebihan Buat Tanaman Hidroponik Dari Paralon?

Bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sangat cocok dilakukan masyarakat yang tinggal di perkotaan dengan lahan sempit. Selain itu terdapat kelebihan lain dari metode hidroponik yang wajib diketahui, diantaranya:


  • Tidak Memerlukan Tanah

Kelebihan utama dari sistem hidroponik adalah tidak memerlukan tanah. Sehingga metode ini dianggap menjadi solusi tepat, terlebih bagi mereka yang tidak memiliki lahan luas untuk bercocok tanam.


  • Pertumbuhan Cepat

Tahukah Anda jika metode ini dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman 30 hingga 50 persen lebih cepat dibandingkan dengan teknik menanam konvensional? Pasalnya nutrisi untuk tanaman tersedia dalam bentuk larutan, sehingga lebih mudah diserap oleh tumbuhan.


  • Hasil Panen Melimpah

Selain pertumbuhan yang cepat, hasil panen pun lebih optimal dan melimpah.


  • Minim Penggunaan Pestisida

Karena area menanam bersih dapat membantu menekan tumbuhnya hama penyakit. Tak heran jika penggunaan pestisida yang umumnya dimanfaatkan untuk membasmi hama pun dapat dikurangi.

Itulah cara buat tempat tanaman hidroponik yang mudah, karena tak memerlukan banyak bahan. Tak lupa lakukan kontrol tanaman secara berkala. Ketika larutan nutrisi atau pupuk cair mulai berkurang, tambahkan larutan nutrisi dan jangan sampai tanaman kekurangan air. Hal tersebut dimaksudkan agar perkembangan sayuran baik dan cepat panen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.