cara membuat tabel di Excel 2003

3 Cara Mudah Membuat Tabel di Microsoft Excel

Bagaimana  cara membuat tabel di Excel 2003? Banyak pengguna Excel khususnya pemula yang menanyakan hal ini karena belum mengetahui caranya. Padahal, penyajian data yang sudah diolah jauh lebih baik jika menggunakan tabel.

Saat menggunakan tabel, semua data disajikan dengan jelas dan rapi. Jauh berbeda jika penyajian data menggunakan aplikasi lainnya. Oleh karena itu, siapapun yang pekerjaannya berkaitan dengan pengolahan dan penyajian data, wajib tahu cara mengoperasikan Microsoft Excel.

Sebenarnya cara membuat tabel di Excel 2003 bukanlah hal yang sulit, bahkan sangat mudah. Hanya saja, masih banyak masyarakat yang belum familiar dan terbiasa menggunakannya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap membaca artikel ini sampai selesai agar bisa mengetahui caranya.

Baca Juga : Penyebab Bluetooth Tidak Bisa Tersambung ke Speaker dan Cara Memperbaikinya

Manfaat Membuat Tabel Menggunakan Excel

gambar cara membuat tabel di Excel 2003

Sebelum masuk membahas cara membuat tabel di Excel 2003, tentu tidak kalah penting untuk mengetahui manfaat membuat table menggunakan aplikasi tersebut. Secara umum manfaatnya ada 4, yaitu :

1. Bebas Membuat Desain & Gaya Tabel

Salah satu keuntungan ketika Anda menggunakan Microsoft Excel untuk membuat tabel adalah kemudahan untuk membuat desain dan gaya tabel yang berbeda-beda. Dengan begitu, Anda nantinya bisa membuatnya berdasarkan selera dan keinginan sendiri.

Baca Juga : 5 Cara Cepat Merekam VC Whatsapp dengan Suara Tanpa Aplikasi {Teruji}

2. Mudah Memberikan Nama Tabel

Dalam setiap data, penggunaan nama sangat penting agar nantinya bisa dengan mudah menemukan data yang diinginkan. Begitu pula dalam membuat tabel, di mana penggunaan Excel 2003 menjadikan Anda dengan mudah bisa membuat nama tabel agar mudah diingat. Oh ya, nama Tabel disini memiliki kemiripan dengan nama range.

3. Mudah Menambahkan Baris-baris Data

Keunggulan lain yang juga didapatkan ketika menggunakan Microsoft Excel adalah bisa menambahkan baris-baris data, tanpa Anda harus melakukan perubahan referensi tabel. Sebab, perubahan tersebut akan terjadi secara otomatis untuk menyesuaikan desain dan rumus excel yang sudah ada.

Hal ini tentu saja sedikit berbeda dengan range biasa. Sebab kalau nama range, Anda mesti melakukan sedikit trik supaya nama range tersebut bisa menyesuaikan penambahan atau pengurangan data.

4. Tabel Bisa Menambahkan Tombol Filter dan Subtotal Secara Otomatis

Keunggulan lainnya yang juga didapatkan ketika Anda menggunakan Excel adalah tabel Excel Anda dapat menambahkan tombol filter maupun subtotal dengan mudah secara otomatis.

Cara Membuat Tabel di Excel 2003 Sangat Mudah

Sebenarnya cara membuat tabel di Excel 2003 tidak begitu sulit, karena pada dasarnya fitur-fitur yang dibutuhkan untuk membuatnya sudah tersedia di Excel. Pengguna tinggal memanfaatkan fitur tersebut.

Bagi pemula atau orang yang tidak begitu paham tentang Microsoft Excel mungkin menganggap kalau data yang terinput di dalam sel Excel itu sudah berbentuk tabel. Anggapan atau sangkaan ini tentu saja keliru.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Melihat Following Terbaru di IG Orang Lain

Kenyataannya tidaklah demikian, karena di dalam Microsoft Excel terdapat format tabel khusus yang bisa digunakan untuk memudahkan proses review hasil pengolahan data sehingga berbentuk tabel.

Umumnya semua versi Microsoft Excel, baik yang versi 2003 sampai yang terbaru memiliki cara yang tidak jauh berbeda. Kalaupun ada perbedaan cuma sedikit saja. Dijamin pengguna yang sudah tahu cara membuat tabel di Excel 2003, tidak akan kebingungan membuat tabel di Excel versi terbaru.

Detail Cara Membuat Tabel di Excel 2003

Cara membuat tabel di excel 2003 ada 2, yaitu menggunakan menu “Table Tools” dan menu “Format as Table”. Detail masing-masing dari kedua cara tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

1. Table Tools atau Insert Table

Detail langkah-langkah membuat tabel di Microsoft Excel menggunakan menu ini sebagai berikut :

  • Pertama, siapkan terlebih dahulu semua data yang ingin Anda masukkan ke dalam tabel.
  • Selanjutnya, seleksi rentang data yang ingin Anda masukkan ke dalam tabel.
  • Setelah itu, klik tombol bertuliskan “Insert” yang terdapat di sisi atas halaman.
  • Lanjutkan dengan klik pada menu yang bertuliskan “Table”.
  • Selanjutnya klik “Group Tables”.
  • Setelah itu, klik menu bertuliskan “Table” dan klik menu bertuliskan “Group Tables”.
  • Cara alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan shortcut berupa“CTRL” + “T” dan bisa juga “CTRL” + “L”.
  • Saat Anda tiba di halaman pembuatan tabel, lanjutkan prosesnya dengan memilih opsi bertuliskan “Create Table”.
  • Nantinya akan muncul gambaran tabel beserta data-data yang sudah Anda seleksi sebelumnya. Cek kembali dan pastikan kalau data-data yang terdapat di dalam tabel sudah benar. Jika belum, perbaiki sampai semua datanya benar.
  • Perhatikan juga untuk menambahkan judul saat range data tersebut. Bisa juga dengan memberikan tanda centang pada tulisan “My Table Has Headers”. Sebab apabila tidak diatur seperti ini, maka tulisan yang nantinya muncul secara otomatis adalah Coloumn1, Coloumn2, Coloumn3, Coloumn4, dan seterusnya.
  • Jika sudah selesai, lanjutkan dengan menekan tombol “OK” lalu “Selesai”.
  • Kini proses pembuatan tabel yang Anda inginkan sudah selesai dan sudah dimunculkan pada halaman Excel.

2. Format as Table

Detail langkah-langkah membuat tabel di Microsoft Excel menggunakan menu ini sebagai berikut :

  • Pertama, siapkan dan tentukan terlebih dahulu semua data yang nantinya akan dimasukkan ke dalam tabel.
  • Setelah itu, lanjutkan prosesnya dengan menekan tombol tab “Home” yang terdapat di sisi atas.
  • Setelah itu, pada kelompok “Group Style” carilah menu yang bertuliskan ”Format as Table”.
  • Selanjutnya, pilih saja beberapa desain tabel yang tersedia sesuai dengan selera.
  • Nantinya akan muncul kotak baru bernama Create as Table. Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian terlebih dahulu, seperti mengecek kembali dengan seksama data yang akan dimasukkan.
  • Jika ingin memberikan judul pada tabel, centang saja pada “My Table Has Headers”.
  • Terakhir, tekan tombol “OK” lalu “Selesai”.
  • Kini tabel yang Anda butuhkan sudah tersedia di halaman Excel.

Cara Menghapus Tabel Excel 2003

Terkadang karena alasan tertentu, tabel dalam Microsoft Excel 2003 terpaksa harus dihapus. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara menghapusnya. Tidak sulit kok, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Menghapus Semua Tabel

Jika ingin menghapus semua tabel, Anda hanya perlu memblok semua tabel, lalu menekan tombol “Delete”. Setelah itu, semua tabel yang sudah dibuat sebelumnya akan terhapus.

2. Menghapus Isi Tabel

Jika Anda hanya ingin menghapus isi tabel dan bentuk tabelnya tetap, maka Anda hanya perlu menyeleksi baris atau row kecuali untuk header. Setelah itu, tekan “Delete”.

Itulah tadi pembahasan tentang langkah-langkah cara membuat tabel di Excel 2003 dan manfaatnya. Bagaimanapun, pengolahan data dan penyajiannya merupakan hal yang penting. Oleh sebab itu, data-data tersebut harusnya disajikan dengan jelas dan rapi, serta mudah untuk diubah sewaktu-waktu. Nah untuk itu, Anda membutuhkan tools yang tepat, salah satunya adalah Microsoft Excel 2003 ini.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Melihat Kata Sandi FB Sendiri di Pengaturan 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *