kenapa bluetooth tidak bisa tersambung ke speaker

Penyebab Bluetooth Tidak Bisa Tersambung ke Speaker dan Cara Memperbaikinya

Kenapa bluetooth tidak bisa tersambung ke speaker? Pertanyaan ini muncul dari orang-orang yang kesulitan untuk menghubungkan HP miliknya dengan speaker via bluetooth. Padahal, mereka ingin mendengarkan audio yang terputar di HP melalui speaker agar suaranya lebih keras dan jernih.

Teknologi bluetooth yang ada saat ini memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menghubungkan antara satu perangkat dengan perangkat yang lain dengan cepat dan mudah, tanpa harus menggunakan kabel. Termasuk dalam hal ini menghubungkan HP dengan speaker bluetooth.

Hanya saja sebagaimana perangkat lainnya, terkadang terjadi gangguan saat ingin menghubungkan HP dan speaker via bluetooth.  Oleh karena itu, penyebab masalah tersebut perlu diketahui agar bisa diketahui cara untuk mengatasinya.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Membuat Nama Kecil Di Pojok Kanan WA

Kenapa Bluetooth Tidak Bisa Tersambung ke Speaker?

ilustrasi kenapa bluetooth tidak bisa tersambung ke speaker

Apa sajakah penyebab kenapa bluetooth tidak bisa tersambung ke speaker? Daripada bingung mencari tahu jawabannya, sebaiknya simak ulasan pada kelanjutan postingan di bawah ini.

1. Komponen Rusak

Kemungkinan paling pertama bluetooth pada HP tidak bisa tersambung ke speaker disebabkan adanya kerusakan. Bagaimanapun, speaker bluetooth merupakan alat elektronik yang rentan untuk mengalami kerusakan sebagaimana alat elektronik lainnya.

Kerusakan pada perangkat seperti ini umumnya terjadi karena pemakaian. Kemungkinan besar speaker tersebut pernah terjatuh atau terbentur saat Anda sedang membawanya. Lebih parah lagi jika pernah terjatuh ke dalam air atau terkena hujan.

2. Pengaturan yang Salah

Speaker bluetooth tidak jauh berbeda dengan perangkat elektronik lainnya yang memiliki pengaturan tertentu agar bisa bekerja sebagaimana mestinya. Jika pengaturannya salah, tentu perangkat tersebut tidak bisa bekerja sama sekali atau tidak bisa bekerja secara maksimal.

Oleh karena itu, salah satu alasan kenapa bluetooth tidak bisa tersambung ke speaker bisa jadi akibat pengaturan yang salah pada HP atau speaker bluetooth Anda.

3. Jarak antara Speaker dan HP Terlalu Jauh

Posisi speaker yang terlalu jauh dari HP yang ingin dihubungkan via bluetooth bisa menjadi penyebab utama kenapa bluetooth tidak bisa tersambung ke speaker.

Terlebih lagi jika ada tembok yang membatasi, misalnya speaker berada di luar kamar, sedangkan HP diletakkan di dalam kamar.

4. Baterai Speaker Sudah Mau Habis

Terkadang gangguan di atas disebabkan oleh daya baterai speaker yang sudah mau habis. Hal ini biasa terjadi ketika Anda terlalu lama menggunakan perangkat tersebut dan lupa melakukan isi ulang daya baterainya.

5. Perangkat yang Dikenal HP Terlalu Banyak

Penyebab lain kenapa bluetooth pada HP tidak bisa terhubung ke speaker disebabkan sistem pada HP membaca terlalu banyak perangkat yang terhubung padanya. Akibatnya, sistem pada HP kesulitan untuk membaca koneksi bluetooth pada speaker.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Chat WA Yang Terhapus Permanen Tanpa Aplikasi

Bagaimana Solusi Mengatasi Bluetooth Tidak Terhubung ke Speaker?

1. Perbaiki Komponen yang Rusak

Jika sudah bisa dipastikan kalau alasan kenapa bluetooth tidak bisa tersambung ke speaker akibat komponen yang rusak, maka satu-satunya solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki komponen yang rusak tersebut.

Jika memiliki keahlian, Anda bisa memperbaikinya sendiri. Tapi jika tidak bisa, sebaiknya serahkan masalah perbaikan tersebut ke ahlinya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membawa speaker bluetooth tersebut ke tukang service alat-alat elektronik.

2. Perbaiki Pengaturan

Untuk memastikan apakah pengaturan bluetooth HP yang bermasalah, sebaiknya cek langsung ke pengaturan HP Anda. Setiap HP memiliki pengaturan tersendiri, Anda mesti cari tahu pengaturan di HP Anda.

Mudah kok, karena biasanya pengaturan bluetooth pada sebuah HP terdapat di bagian ‘Pengaturan’, lalu masuk di ‘Jaringan & koneksi lainnya’.  Setelah masuk, Anda bisa lihat apakah bluetooth Anda menyala dan tidak ada masalah atau tidak.

Terkadang juga masalah terjadi pada bluetooth speaker. Untuk mengatasinya, Anda mesti melakukan pengaturan ulang di bagian bluetooth pada speaker tersebut.

3. Isi Ulang Baterai Speaker

Keasikan menggunakan speaker dalam waktu lama membuat pengguna tidak menyadari kalau daya baterai speaker sudah mau habis. Bahkan, terkadang peringatan untuk melakukan isi ulang daya yang muncul tidak diperhatikan. Nanti ketika bluetooth speaker tiba-tiba terputus koneksinya, barulah kebingungan.

Saat daya baterai speaker sudah mau habis, banyak sistem pada speaker tersebut yang akan mati dengan sendirinya, termasuk bluetooth. Maka jangan heran jika koneksi bluetooth tiba-tiba terputus.

Hanya satu cara mengatasi masalah ini, yaitu melakukan isi ulang daya baterai speaker. Biar lebih aman, sebaiknya Anda tidak menggunakan speaker tersebut kecuali daya baterainya sudah terisi penuh kembali.

4. Restart Speaker & HP

Terkadang cara mengatasi gangguan di atas hanya membutuhkan langkah sederhana, yaitu melakukan restart speaker dan HP yang Anda gunakan.

Cara melakukannya restart speaker sangat mudah, Anda hanya perlu mematikan speaker dan membiarkannya selama beberapa waktu.

Setelah itu, silahkan hidupkan kembali speaker bluetooth tersebut. Setelah hidup, biasanya speaker akan kembali ke pengaturan awal, sehingga mudah untuk disambungkan kembali ke HP.

Selain speaker, Anda juga butuh untuk merestart HP yang digunakan. Caranya sangat mudah, ikuti saja langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, buka pengaturan pada HP Anda terlebih dahulu.
  • Setelah itu, silahkan pilih opsi reset.
  • Lanjutkan dengan memilih reset jaringan Wifi, Bluetooth dan jaringan lainnya.
  • Klik reset, lalu tunggu sampai selesai.

5. Hapus Data Perangkat yang Pernah Terhubung

Jika gangguan di atas terjadi disebabkan karena perangkat yang dikenal HP terlalu banyak, maka Anda hanya perlu menghapus data perangkat yang pernah terhubung. Untuk melakukannya, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, buka pengaturan pada HP Anda terlebih dahulu.
  • Setelah itu, pilih opsi bluetooth.
  • Nantinya akan terlihat daftar perangkat yang pernah terhubung.
  • Selanjutnya, pilih ikon pengaturan.
  • Lanjutkan dengan ketuk putuskan sambungan.
  • Selesai, kini data-data perangkat yang pernah terhubung sudah terhapus.

Biasanya setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, bluetooth HP sudah bisa terhubung dengan bluetooth pada speaker. Oh ya, selain melakukan langkah-langkah di atas, sebaiknya Anda juga merestart speaker bluetooth tersebut.

6. Perhatikan Jarak Speaker dengan HP

Jangan terburu-buru berpikir kalau speaker atau HP bermasalah yang mengakibatkan keduanya tidak bisa terhubung via bluetooth. Coba perhatikan kembali jarak antara keduanya. Sebab, barangkali Anda tidak menyadari kalau jarak antara HP dengan speaker bluetooth terlalu jauh.

Umumnya jarak maksimal yang memungkinkan bagi speaker dan HP terhubung via bluetooth adalah 10 meter. Jarak ini berlaku jika tidak ada tembok yang memisahkan antara kedua perangkat tersebut. Jika ada pemisah berupa tembok atau yang lainnya, sebaiknya jarak maksimal di antara kedua perangkat tersebut adalah 8 meter.

Itulah tadi beberapa sebab kenapa bluetooth tidak bisa tersambung ke speaker dan bagaimana cara mengatasinya. Oleh karena itu, jika Anda mengalami kondisi di atas, tidak perlu bingung. Atasi saja gangguan yang ada dengan mengikuti beberapa cara yang disebutkan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *