kode voucher rusak saat digosok

5 Cara Mengatasi Kode Voucher Rusak Saat Digosok {Teruji}

Salah satu cara mengisi ulang pulsa kartu seluler adalah dengan membeli voucher. Nantinya pembeli akan diberikan kartu yang berisi kode voucher tersebut. Nah, kode voucher itu harus dimasukkan ke dalam kartu seluler dengan cara yang telah ditetapkan.

Proses memasukkan kode voucher ke dalam kartu seluler sangat mudah dilakukan dan umumnya berhasil 100%. Hanya saja, terkadang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga kode voucher rusak saat digosok.

Agar bisa mengetahui cara mengatasi gangguan di atas, tentu sangat penting untuk mengetahui apa saja penyebabnya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui langkah apa yang perlu dilakukan untuk mengatasinya.

Penyebab Kode Voucher Rusak & Cara Mengatasinya

Gambar kode voucher rusak saat digosok

1. Kode Invalid

Salah satu penyebab rusaknya kartu voucher sehingga tidak bisa digunakan adalah kode invalid. Gangguan ini tentu tidak sederhana, karena bagaimanapun setiap kode voucher tentu menerapkan enkripsi unik.

Oleh karena itu, ketika kodenya tidak valid, besar kemungkinan kalau deretan angka tersebut sudah pernah digunakan.

Tapi terkadang juga masalah yang terjadi tersebut disebabkan oleh jaringan internet yang error atau tidak stabil.

Cara Mengatasi

Jika Anda mengalami masalah di atas ketika ingin memasukkan kode voucher yang sudah dibeli, maka Anda bisa mengatasinya dengan mencoba mengulangi untuk melakukannya beberapa kali terlebih dahulu.

Jika masih belum berhasil, tunggulah beberapa saat. Sebab, bisa jadi internet yang Anda gunakan lagi error dan tidak stabil. Percuma juga dipaksakan kalau gangguannya karena hal tersebut.

Setelah memastikan koneksi internet normal dan tidak ada gangguan, coba masukkan kembali kode vouchernya. Jika masih tidak bisa, berarti kemungkinan besar kode vouchernya sudah pernah digunakan.

TRENDING :   5 Cara Mengetahui WhatsApp Diblokir, Jangan Asal Tuduh Dulu

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mendatangi konter tempat pembelian voucher tadi. Sampaikan masalah yang terjadi, barangkali ada solusi atau Anda mendapatkan ganti voucher yang lainnya.

2. Angka Terhapus

Terkadang masalah kode voucher rusak akibat terlalu keras menggosok hologram tempat kodenya dan mengakibatkan sebagian angka terhapus. Kalau sudah begitu, tentu kodenya sudah tidak sempurna dan tidak bisa lagi dimasukkan ke dalam kartu seluler yang digunakan.

Cara Mengatasi

Jika angkanya belum terhapus total, mungkin Anda bisa menebak angka yang hilang tersebut. Biasanya cara ini masih bisa berhasil karena pilihan kemungkinan angka yang terhapus cuma sedikit. Tapi bagaimana jika yang angka yang terhapus lebih dari satu? Tentu menebak-nebak angka tersebut sudah tidak efektif lagi digunakan.

Jika kartu seluler yang Anda gunakan adalah Indosat, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Indosat yang bisa diunduh gratis di Google Play Store.

Setelah selesai mengunduhnya, Anda tinggal melakukan langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, buka aplikasinya terlebih dahulu lalu log in.
  • Selanjutnya, scan barcode yang ada pada voucher.
  • Jika kode muncul setelah Anda melakukan scan, berarti masih dapat digunakan atau valid.
  • Tapi jika tidak muncul, besar kemungkinan sudah hangus.

Jika kodenya memang sudah hangus, cobalah sampaikan masalah tersebut kepada pihak konter tempat Anda membeli voucher tersebut. Biasanya mereka akan melakukan pengecekan melalui SMS ke 363.

Selain itu, mengatasi kode voucher rusak saat digosok lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendatangi gerai Indosat sambil membawa voucher fisik yang bermasalah tersebut. Setelah tiba di sana, sampaikan kepada petugas yang ada tentang masalah yang sedang Anda hadapi.

Tentu pihak gerai Indosat memiliki solusi terhadap masalah yang sedang Anda alami. Jika mereka tidak bisa mengembalikan kode yang rusak, minimal Anda akan diberikan kode voucher lain yang bisa digunakan.

TRENDING :   Trik Internet Gratis 60 GB dari Telkomsel Terbaru 2022

Selain kode voucher pada kartu Indosat, tentu kode voucher pada kartu provider lainnya juga bisa dilihat. Hanya saja, masing-masing memiliki cara tersendiri.

3. Kode MMI Tidak Valid

Terkadang penyebab kode voucher tidak bisa dipakai karena MMI tidak valid.  Fungsi kode MMI sendiri adalah sebagai penghubung antara jaringan ke ponsel dengan menggunakan metode pengkodean khusus.

Cara Mengatasi

Masalah di atas sebenarnya tidak sulit diatasi. Hanya saja, banyak orang tidak mengetahui caranya atau malas mencari tahu, sehingga kebingungan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara mengatasi masalah akibat gangguan di atas tentu mengalami perbedaan sesuai dengan provider kartu seluler yang digunakan. Jika Anda menggunakan kartu Indosat, cukup ketikkan kode dial *556*kode voucher#. Setelah itu, kuota dari voucher yang bermasalah tadi akan masuk secara otomatis. Cara ini tentu lebih baik dan lebih cepat dibandingkan ketika Anda menggunakan SMS.

Tapi bagaimana jika Anda sudah melakukan cara di atas, tapi masalah yang terjadi belum teratasi juga? Solusinya, cobalah Anda mengganti mode jaringan ponsel yang digunakan. Caranya mudah, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, masuk terlebih dahulu ke menu settings atau pengaturan di ponsel.
  • Setelah itu, klik opsi menu “jaringan”.
  • Lanjutkan dengan mengeklik “pengaturan dan settingan“.
  • Selanjutnya, ubah jaringan ponsel 3G/4G menjadi jaringan GSM only atau 2G.
  • Selesai, kini mode jaringan internet di ponsel Anda berhasil diganti.

4. Paket Data Hangus

Terkadang Anda sudah menggosok hologram tempat kode voucher dengan hati-hati dan terlihat jelas kalau semua kodenya muncul dan tidak ada yang rusak. Sayangnya, masih tidak berhasil juga meskipun Anda sudah memasukkan kodenya dengan cara yang benar.

Jika kasusnya seperti itu, berarti kemungkinan besar paket datanya sudah hangus. Hal ini tentu merugikan Anda selaku pengguna, karena sudah membeli voucher fisik dengan harga yang mahal, ternyata tetap tidak bisa digunakan.

TRENDING :   Cara Cek IMEI iPhone Resmi atau BM, Jangan Sampai Iphone HDC alias Palsu

Cara Mengatasi

Tidak perlu panik ketika Anda menghadapi masalah di atas. Sebab, dalam hal ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Salah satu caranya adalah dengan call center provider kartu seluler yang Anda gunakan. Setelah terhubung, sampaikan dengan jelas kasus yang menimpa Anda. Nantinya pihak call center akan menyebutkan penyebab gangguan tersebut dan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Ikuti saja semua langkah-langkah yang dituntunkan kepada Anda.

Cara ini terkadang memakan waktu lama karena Anda harus antri menunggu giliran tersambung ketika menelpon call center. Sebab, setiap hari banyak pengguna lainnya dari seluruh nusantara yang menggunakan layanan call center.

Solusi lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah di atas adalah mendatangi gerai dari kartu provider yang Anda gunakan. Setelah tiba di sana, tinggal sampaikan masalah yang sedang Anda hadapi.  Nantinya pihak gerai akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

5. Masa Aktif Habis

Terkadang Anda mengira kalau kode voucher rusak saat digosok, sehingga kuota data tidak bisa masuk ke kartu seluler yang Anda gunakan. Ternyata setelah dicek, masalah utamanya justru terletak pada masa aktif kartu seluler yang Anda gunakan sudah habis.

Cara Mengatasi

Jika Anda mengalami masalah di atas, coba pastikan dengan menggunakan kode dial provider yang Anda gunakan. Cek dan pastikan kalau memang sumber masalahnya akibat kartu seluler yang Anda gunakan sudah mati.

Jika sudah dipastikan masa aktifnya berakhir, maka tidak ada solusi yang bisa Anda lakukan kecuali harus mengaktifkan kartunya kembali terlebih dahulu. Untuk itu, silahkan kunjungi gerai provider kartu yang Anda gunakan.

Itulah tadi 5 cara mengatasi kode voucher rusak saat digosok. Semua cara-cara yang disebutkan di atas sudah teruji. Oleh karena itu, jika Anda mengalami kasus serupa, ikuti saja langkah-langkah yang telah dituntunkan pada postingan ini.