Ilmuwan Menulis Ulang Sejarah Planet Merah Dengan Mengungkap Kripton Di Meteorit Mars

Menurut sebuah studi baru, para ilmuwan telah menemukan sejarah baru Mars yang ditulis dalam kripton elemen langka di dalam meteorit Mars yang unik yang jatuh di Prancis lebih dari 200 tahun yang lalu. 

Penemuan ini mengungkapkan bahwa banyak komponen penting bagi kehidupan, seperti hidrogen, karbon, oksigen, dan nitrogen, berasal dari planet seperti Mars dan Bumi. Memahami bagaimana elemen “volatil” ini ditanamkan ke dunia batu dapat membantu mengungkap misteri bagaimana kehidupan muncul di Bumi dan apakah itu ada di tempat lain di alam semesta.

Unsur volatil dinamakan demikian karena mudah menguap ada di nebula tempat sistem bintang lahir. Sebagian besar model menunjukkan bahwa gas di nebula ini membawa volume awal bahan yang mudah menguap ke planet embrionik. Dipertimbangkan kemudian, proto-asteroid bertabrakan dengan planet-planet saat masih cair, memasok lebih banyak materi yang mudah menguap, sebuah proses yang memperkaya dunia muda dengan meteorit unik yang dikenal sebagai chondrites. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada hari Kamis di jurnal Nature, sepasang peneliti menemukan, melalui pengamatan yang cermat, bagaimana Mars “tidak konsisten dengan hipotesis populer bahwa pengangkutan volatil tulang rawan terjadi setelah gas matahari diperoleh selama pembentukan planet”. pandangan tentang apa yang telah berkembang. . 

Studi baru, dipimpin oleh Sadrine Péron, seorang rekan postdoctoral di Technical University of Zurich (ETH Zürich) di Swiss, didasarkan pada pengukuran yang belum pernah terjadi sebelumnya dari krypton gas mulia mulia di meteorit Chassigny, perwakilan batuan yang sangat tidak biasa dari interior Mars. ada. Langkah demi langkah tahap pertama pembentukan planet di tata surya.

“Saya tahu Mars terbentuk sangat cepat,” kata Peron dalam panggilan telepon, mengatakan bahwa planet ini hanya membutuhkan waktu 4 juta tahun untuk terbentuk. “Dengan mempelajari struktur internal Mars, kita bisa mendapatkan gambaran tentang proses terbentuknya planet-planet terestrial pada awal pembentukan tata surya kita. Karena kita tidak bisa mendapatkan informasi semacam ini tentang Bumi, kita bisa’ t dapatkan 50 juta orang sampai pembentukan Bumi. Pembentukan Mars sebenarnya adalah wawasan tentang apa yang terjadi sangat awal di tata surya, karena butuh waktu lebih lama antara tahun dan 100 juta tahun. “

TRENDING :   Bansos PKH Hanya Modal HP Bisa Dapat Rp. 10,8 Juta

Untuk mengekstrak rahasia sejarah kuno ini, Peron dan rekan penulis Sujoi Mukhopadhyay, seorang profesor Ilmu Bumi dan Planet di University of California, Davis, menggunakan kripton sebagai pelacak. Krypton sempurna karena isotop, susunan atom lain dari elemen, dicetak dengan informasi tentang sumber volatil. 

“Kripton sangat berguna di antara berbagai gas mulia karena komposisi isotop kripton untuk berbagai sumber potensial, seperti matahari atau di dalam planet, sangat berbeda,’ kata Peron. Dengan pemikiran ini, dia dan Mukhupadhyay “mendapatkan pengukuran akurat pertama kripton di meteorit ini. Karena kripton sulit diukur, kami telah mengembangkan protokol baru untuk mengukur isotopnya secara akurat dalam meteorit.”

“Meteorit khusus ini, Chassigny, adalah satu-satunya meteorit yang memiliki akses ke komposisi internal Mars dari sudut pandang gas langka,” tambahnya. “Semua meteorit Mars lainnya dalam kelompok saat ini seluruhnya atau sangat dipengaruhi oleh komposisi atmosfer Mars. Jika kita menginginkan komponen internal murni ini, mereka adalah satu-satunya meteorit yang kita miliki sejauh ini.”

Tim Krypton, yang mempelajari di dalam meteorit, membalikkan pandangan tradisional tentang bagaimana Mars berevolusi. Penelitian telah menunjukkan bahwa isotop Chasini meninggalkan bekas yang berbeda pada tulang rawan, yang berarti asteroid menghantam Mars dan menjadi kaya dengan volatil, yang “bertentangan dengan kebanyakan model pembentukan planet” sebelum matahari muda menguapkan nebula matahari. sebuah garis waktu.

Faktanya, model tersebut menunjukkan bahwa planet berbatu memancarkan gas dari lautan magma yang mendingin dari keadaan cairnya dan memasok atmosfer baru. Jika ini benar di Mars, kita dapat mengharapkan atmosfer mengandung volatil tulang rawan yang sama yang dikonfirmasi oleh studi baru di dalamnya. 

Namun, membingungkan bahwa atmosfer Mars saat ini bertepatan dengan pembentukan Nebula Matahari. Péron dan Mukhopadhyay berspekulasi bahwa unsur-unsur Nebula Surya mungkin telah terperangkap dalam es muda Mars dan kemudian diluncurkan untuk memberikan komposisi mereka saat ini, tetapi penjelasan ini memerlukan penyelidikan lebih lanjut. 

TRENDING :   Daftar HP Lipat Terbaru Kaya Fitur dan Unik 2022

Saat ini, misteri mengapa bukti langsung konflik Mars awal dengan model tradisional pembentukan planet masih belum terpecahkan. Menemukan jawaban atas misteri ini tidak hanya akan membantu kita memahami planet merah, tetapi juga akan membantu kita menemukan dunia lain yang berpotensi layak huni dengan berfokus pada elemen-elemen mudah menguap yang penting bagi kehidupan seperti yang kita kenal di Bumi.   

“Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab,” kata Peron. “Kami berharap [penelitian] akan memiliki dampak yang lebih luas pada mereka yang berfokus pada pemodelan komposisi atmosfer planet yang penting bagi asal usul kehidupan.”

Sumber: vice.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.