Aplikasi WA Tidak Bisa Dibuka ? Berikut Cara Membukanya
Aplikasi WA Tidak Bisa Dibuka ? Berikut Cara Membukanya

Aplikasi WA Tidak Bisa Dibuka ? Berikut Cara Membukanya

WhatsApp atau biasa juga disingkat Wa merupakan salah satu aplikasi perpesanan paling populer dan paling banyak digunakan di Indonesia bahkan dunia, bahkan menjadi salah satu aplikasi wajib di miliki di HP. Tetapi pernah kah anda membuka WA dan tidak bisa terbuka ? Tentu apabila anda mengalami hal tersebut akan sangat menjengkelkan apalagi jika anda perlu membaca atau mengirim pesan penting ke atasan, rekan kerja, teman, pasangan atau keluarga.

Penyebab WA tidak bisa terbuka di HP anda dapat dipastikan terdapat error dan dimana Anda harus melakukan pengecekan secara menyeluruh untuk mengetahui apakah hal yang menyebabkan aplikasi whatsapp tidak bisa dibuka. Bingung ? jangan kuatir, sebab kali ini kamu akan membahas hal yang bisa menyebabkan aplikasi whatsapp menjadi tidak bisa dibuka, dan beberapa tips untuk mengatasi masalah anda sebagai berikut :

Aplikasi WA Tidak Bisa Dibuka ? Berikut Cara Membukanya
Aplikasi WA Tidak Bisa Dibuka ? Berikut Cara Membukanya

1. Restart

Solusi paling cepat dan ampuh ketika WA anda tidak bisa dibuka adalah melakukan restart HP anda dan tidak perlu berpikir macam-macam dulu, dimana sebagian besar Wa yang tidak bisa terbuka dapat diselesaikan dengan restart HP.

2. Koneksi Internet

Apabila Wa tidak bisa terbuka, jangan berpikir terlalu jauh dulu sebab bisa jadi koneksi internet anda yang tidak stabil. Untuk itu, cek dulu koneksi internet anda bisa jadi dengan menonton video atau browsing untuk melihat cepat atau lambat internet anda.

Salah satu hal yang bisa menyebabkan Wa tidak bekerja dengan baik yaitu adalah koneksi internet yang tidak stabil. Untuk itu Anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah Internet berjalan dengan lancar atau tidak.

TRENDING :   6 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

3. Hapus Cache

Cache pada dasarnya merupakan sebuah file yang berguna untuk membuat proses membuka aplikasi menjadi lebih cepat baik pada sistem operasi Android atau windows. Akan tetapi, jika jumlahnya terlalu banyak ini bisa membuat memori internal menjadi penuh dan membuat HP anda terasa berat. Apabila Wa error anda karena masalah cache, berikut cara mengatasinya :

Buka menu Pengaturan, kemudian pilih Aplikasi.
Cari aplikasi whatsapp kemudian klik.
Setelah itu, pilih menu Penyimpanan.
Terakhir yaitu menekan tombol untuk menghapus cache.

4. Hapus Data Whatsapp

Cara ini dapat anda lakukan dengan catatan bahwa anda akan kehilangan data-data penting di dalamnya dan akan mengubahnya ke pengaturan default, untuk itu, sebelum melakukan hal ini pastikan tidak ada file penting yang ikut terhapus secara permanen. Berikut cara untuk menghapus data Whatsapp :

  • Buka menu Pengaturan, lalu cari menu Aplikasi.
  • Cari Aplikasi whatsapp, kemudian pilih menu Penyimpanan.
  • Klik Hapus Data.
  • Lakukan konfirmasi dengan mengklik OK.
  • Selesai.

Setelah menghapus data ada harus memulai whatsapp lagi dari awal, dimana anda bisa login kembali dengan menggunakan nomor yang Anda gunakan sebelumnya.

5. Update Aplikasi Whatsapp

Wa yang tidak bisa terbuka bisa jadi penyebabnya aplikasi whatsapp anda tidak bisa digunakan karena sudah kadaluarsa dan memerlukan pembaharuan atau update. Cara update aplikasi Wa pun sangat mudah, sebagai berikut :

  • Buka Play Store
  • Cari aplikasi whatsapp, kemudian klik Update.
  • Dan tunggu proses update selesai

6. Instal Ulang Whatsapp

Apabila beberapa cara diatas tidak berhasil, cara ini hal terakhir yang dapat anda lakukan dan semoga sukses kali ini, dimana anda dapat uninstall atau menghapus aplikasi whatsapp di HP anda. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Buka menu pengaturan, kemudian cari menu Aplikasi.
  • Setelah itu, temukan aplikasi whatsapp kemudian klik Hapus Aplikasi.
  • Selesai.
TRENDING :   Nomor Hangus! Berikut Cara Mengaktifkan Nomor Telkomsel yang Hangus

catatan : Lakukan backup Wa dulu sebelum menghapus aplikasi Wa agar riwayat chat dan data wa anda tidak ikut terhapus.

Setelah menghapus aplikasi whatsapp Anda bisa mendownload kembali melalui Play Store. Anda bisa login kembali dengan menggunakan nomor yang digunakan sebelumnya. Anda tidak akan kehilangan data-data Anda, ketika sudah melakukan backup sebelum menghapus aplikasi whatsapp.

Sekian cara mengatasi Aplikasi WA Tidak Bisa Dibuka yang mungkin anda sedang alami ketika anda membaca artikel ini. Semoga berguna dan bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.