Tips Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama, Bisa Bertahun-Tahun
Tips Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama, Bisa Bertahun-Tahun

Tips Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama, Bisa Bertahun-Tahun

Bagi anda pengguna laptop tentunya mengetahui bahwa baterai adalah salah satu komponen laptop yang cukup rentan dan sensitif, dan meskipun demikian, tetap masih banyak pengguna yang kurang memperhatikan penggunaan laptop sehingga berdampak pada daya tahan baterai yang tidak tahan lama atau cepat rusak karena berpikir efeknya yang masih jangka panjang tetapi ketika dihadapkan oleh masalah baterai laptop yang rusak malah bingung dan sebab akan mempengaruhi daya tahan baterai anda tidak dapat berlama-lama digunakan dengan membutuhkan charge berulang-ulang bahkan banyak juga yang baterai mati total dan untuk menghidupkan laptop memerlukan di charge terus menerus.

Resiko mengganggap remeh perawatan dan penggunan baterai laptop tentu selain membatasi lama pemakaian anda, jika membutuhkan budget yang tidak murah mengingat harga satuan baterai laptop cukup mahal, serta parahnya lagi, baterai yang rusak akan dapat berpengaruh dan merusak komponen lain dalam laptop.

Untuk itu pentingnya anda menjaga dan merawat baterai laptop agar tetap awet dan tahan lama, bahkan bisa digunakan secara bertahun-tahun. Mau tahu triknya ? simak berikut ini :

Tips Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama, Bisa Bertahun-Tahun
Tips Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama, Bisa Bertahun-Tahun

Charge laptop sebelum mati total

Seringkali mungkin anda saking sibuknya di depan laptop melupakan daya laptop anda akan habis dimana laptop biasanya akan mati secara otomatis ketika baterai dalam keadaan 0 persen. Dengan keseringan daya baterai sampe mati total akan membuat baterai cepat aus dan akan cepat rusak. Untuk mengetasinya, usahakan charge laptop anda maksimal di angka 20 persen untuk memperpanjang usia baterai laptop anda.

TRENDING :   Cara Transfer Saldo OVO ke Gopay, Biaya Admin serta Promo Yang Berlaku

Mengaktifkan mode penghemat baterai

Setiap laptop mempunyai mode penghemat batterai atau battery saver untuk membuat penggunaan baterai menjadi lebih awet. Hal ini pas bagi anda yang merasa baterai laptop sudah mau habis, tetapi tidak memiliki tempat charge laptop untuk sementara dan pekerjaan masih banyak, dimana battery saver ini akan mengurangi cahaya layar laptop untuk mengurangi penggunaan baterai.

Bagi anda pengguna windows, anda dapat menerapkan fitur penghemat baterai sebagai berikut :

  • Klik ikon baterai yang terdapat di pojok kanan bawah
  • Klik “Battery settings”
  • Geser toggle “Battery saver”

Cabut perangkat tambahan yang tidak digunakan

Umumnya perangkat tambahan tersebut seperti webcam, USB mouse, USB printer, dan lain sebagainya, dimana selain mentransfer data antara perangkat dan laptop Anda, kabel periferal atau USB tersebut juga menarik daya baterai bahkan saat tidak digunakan dan tersebut yang membuat baterai boros dan rentan tidak tahan lama.

Jauhkan laptop dari temperatur panas dan dingin yang ekstrim

Temperatur sekitar laptop yang ekstrim akan menyebabkan komputer bekerja lebih keras dan dapat menguras baterai laptop lebih cepat.

Hindari Charge laptop terus menerus

Jika anda merasa laptop anda telah penuh hingga 100 persen sebaiknya lepaskan kabel cas, sebab chas yang terus menerus tercolong dan tersambung lapto pakan membuat baterai laptop mudah panas atau overheat,dan membuat anda boros pemakaian listrik. Suhu panas yang melebihi 30 derajat dapat mengurangi masa pakai dan kapasitas baterai menjadi menurun.

Menurunkan kecerahan layar

Jika memungkinkan atur tingkat kecerahan baterai laptop lebih rendah, dimana akan membantu menghemat daya baterai, apalagi bagi anda yang sedang berada diluar dan tidak memiliki tempat charge untuk menghindari laptop benar-benar mati total .

TRENDING :   Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer Dikenal Dengan Istilah Apa?

Demikian informasi tips Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama, dan dapat anda gunakan hingga Bertahun-Tahun, serta anda tidak perlu menganggarkan pengeluaran lagi untuk membeli baterai baru . Semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.