Cara Setting Akun Telegram Agar Aman dan Tidak Mudah di Bobol
Cara Setting Akun Telegram Agar Aman dan Tidak Mudah di Bobol

Cara Setting Akun Telegram Agar Aman dan Tidak Mudah di Bobol

Di era kemajuan teknologi seperti jaman sekarang tentu membuat semua serba mudah dan instan termasuk kategori perpesanan berbagai aplikasi pesan instan yang dapat dipilih masing-masing dengan berbagai fitur yang canggih serta sektor keamanan untuk menjamin data dan percakapan pengguna tetap aman yang biasa juga dikenal enkripsi end-to-end untuk memastikan komunikasi aman, dimana dengan teknologi tersebut, hanya pengirim dan penerima yang bisa melihat isi pesan.

Seperti yang kita bersama Telegram termasuk salah satu aplikasi pesan yang menawarkan keamanan tingkat tinggi dengan menggunakan teknologi enkripsi end-to-end juga seperti halnya Whatsapp yang juga sangat populer, tapi tentunya Telegram dan Whatsapp masing-masing memiliki keunggulan sendiri, bahkan ada yang mengatakan bahwa telegram termasuk lebih aman dari whatsapp, tapi apakah itu benar atau hanya klaim, tentunya kembali ke pengguna masing-masing

Nah, walaupun ada sebagai orang yang mengunggulkan Telegram dari sisi keamanan, tapi tentu saja akan lebih baik lagi jika anda mengetahui cara setting akun telegram anda biar semakin aman dan jauh dari hal-hal yang tidak anda inginkan seperti di bobol, penyalah gunaan konten, atau di bajak. Berikut cara setting atau pengaturan akun telegram :

Cara Setting Akun Telegram Agar Aman dan Tidak Mudah di Bobol
Cara Setting Akun Telegram Agar Aman dan Tidak Mudah di Bobol

1. Sembunyikan Nomor Telepon

Anda dapat menyembunyikan nomor telepon anda dari pengguna lain, dimana pada pengaturan default Pengguna Telegram bisa melihat nomor telepon jika sudah menyimpan kontak dan melakukan sinkronisasi dengan aplikasi. Untuk menyembunyikan nomor telpon dari pengguna lain silahkan pergi ke pengaturan, kemudian pilih privasi dan keamanan, kemudian nyalakan opsi “tidak ada” pada pilihan siapa yang bisa melihat nomor telepon.

TRENDING :   Tips Bisnis Online Lewat Fitur Telegram Biar Berkembang Pesat

2. Matikan Fitur Mencari Orang Terdekat

Fitur people nearby bisa digunakan untuk berkenalan dengan pengguna Telegram lainnya yang berada di sekitar anda, tanpa repot-repot bertukar nomor telepon, dimana fitur ini tentunya sangat bagus untuk menambah koneksi, tetapi bisa juga mempengaruhi tingkat keamanan telegram anda. Matikan fitur ini setelah selesai digunakan agar lokasi anda tidak tersebar ke orang-orang sekitar.

3. Kunci Obrolan

Fitur lock chat atau mengunci obrolan atau bisa dinyalakan jika pengguna menggunakan akun Telegram untuk beberapa perangkat sekaligus. Selain fitur obrolan rahasia atau secret chat, yang hanya bisa diakses dari satu perangkat, Telegram memiliki fitur lock chat untuk mengunci pesan secara otomatis.

Pesan akan terkunci setelah perangkat tidak digunakan selama beberapa menit. Fitur ini juga bisa diakses melalui menu privasi dan keamanan, kemudian pilih passcode and touch ID, dimana pengguna akan diminta untuk memasang PIN untuk membuka kembali obrolan.

4. Pesan Temporer

Fitur pesan temporer adalah fitur yang membuat pesan akan hilang sendiri setelah beberapa waktu, dimana pada aplikasi Telegram bernama self-destruct chat. Nyalakan penghitung waktu sesuai durasi yang diinginkan. Telegram juga akan memberikan pemberitahuan jika lawan bicara mengambil tangkapan layar (screenshot).

5. Batasi Undangan Masuk Grup

Apabila anda merasa terganggu dan tidak ingin diundang ke grup yang tidak dikenal, anda dapat mengatur siapa saja yang bisa mengundang masuk grup melalui opsi “grup” di setelan untuk privasi dan keamanan.

6. Lindungi Konten

Fitur perlindungan konten ditujukan membantu kreator untuk melindungi konten yang mereka publikasikan di Telegram dan konten tersebut hanya tersedia untuk audiens yang mereka tuju sehingga terhindar dari orang-orang yang mencoba mencuri hak konten atau menyalah gunakan konten anda.

TRENDING :   Daftar HP RAM Besar 8GB Terbaru 2022, Anti Lalod dan Hang!

Anda sebagai pemilik grup dan kanal bisa mengatur agar konten anda dan grup hanya untuk anggota grup tersebut. Jika dinyalakan, Telegram akan membatasi pesan untuk diteruskan, mencegah tangkapan layar dan membatasi menyimpan media.

7. Hapus Pesan

Telegram memperbarui fitur histori agar pengguna bisa menghapus obrolan dalam rentang tanggal tertentu. Aplikasi juga menyediakan pilihan agar pesan terhapus secara otomatis dalam jangka waktu tertentu.

Demikian informasi mengenai Cara Setting Akun Telegram Agar Aman dan Tidak Mudah di Bobol oleh orang-orang jahil atau jahat. Semoga berguna dan bermanfaat, Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.