Cara Cek IMEI iPhone Resmi atau BM, Jangan Sampai Iphone HDC alias Palsu
Cara Cek IMEI iPhone Resmi atau BM, Jangan Sampai Iphone HDC alias Palsu

Cara Cek IMEI iPhone Resmi atau BM, Jangan Sampai Iphone HDC alias Palsu

Sekedar informasi bahwa semua smartphone yang beredar di pasaran untuk diperjual belikan sudah pasti memiliki kode nomor IMEI atau International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang biasanya terdiri dari 15 digit angka dan berfungsi menjadi nomor identitas perangkat, dimana Nomor IMEI biasanya dipakai oleh operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang tersambung ke jaringannya. Termasuk produk Apple dengan smartphone Iphonenya, dimana dengan saat ini maraknya iPhone yang didistribusikan lewat jalur tidak resmi, ilegal atau biasa juga disebut black market (BM), maka nomor IMEI menjadi kunci untuk mengetahui identitas asli Iphone tersebut.

Proses identifikasi Iphone dengan mengenali produk IMEI penting sebagai acuan untuk melihat apakah iPhone tersebut merupakan barang yang didistribusikan lewat jalur resmi atau BM. Apabila nomor IMEI iPhone tidak terdaftar maka bisa dipastikan iPhone tersebut adalah barang BM, sebab apabila anda memiliki iphone BM dan ilegal bisa dipastikan anda akan kesulitan di kemudian hari untuk mengoperasikannya dimana iPhone BM bakal berpotensi mengalami pemblokiran jaringan seluler yang artinya, pemilik iPhone BM tidak akan bisa terhubung dengan koneksi seluler, sehingga ponsel tidak bisa dipakai untuk mengakses internet, menelepon, atau berkirim SMS.

Nah, bagi anda penasaran iphone milik anda atau berencana membeli iphone bekas atau baru ( diluar toko resmi apple), maka ada baiknya anda memeriksa kode nomor IMEI. Cara cek IMEI iPhone resmi atau BM pun cukup mudah, diman anda hanya perlu mengetahui nomor IMEI iPhone dulu dengan memeriksanya di kode USSD *#06# lewat dial ponsel. Selain itu, nomor IMEI juga bisa diperiksa lewat menu pengaturan iPhone, yakni klik menu ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Pengaturan”. Kemudian, pilih “Umum” dan klik opsi “Mengenai”. Selanjutnya, gulir ke bawah hingga menemukan kolom IMEI yang tertera 15 digit angka.

TRENDING :   Review Tablet Galaxy Tab S8 Ultra, Tablet Ukuran Besar Terbaru
Cara Cek IMEI iPhone Resmi atau BM, Jangan Sampai Iphone HDC alias Palsu
Cara Cek IMEI iPhone Resmi atau BM, Jangan Sampai Iphone HDC alias Palsu

Untuk langkah lebih detail anda bisa cek IMEI iPhone resmi atau BM bisa dilakukan lewat situs milik Kementerian Perindustrian (Kemenperin), berikut langkahnya:

  • Buka tautan atau link cek IMEI Kemenperin
  • Di awal halaman situs web, masukan nomor IMEI iPhone tadi di kolom yang tersedia
  • Lalu, klik ikon kaca pembesar
  • Apabila tulisan yang muncul “IMEI terdaftar di database Kemenperin” maka dapat dipastikan iPhone yang Anda miliki telah didistribusikan lewat jalur resmi.
  • Namun apabila sebaliknya dan muncul tulisan “IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin” maka dapat dipastikan perangkat milik Anda adalah iPhone BM.

Namun dengan cara diatas hanya bisa membedakan iphone resmi dan iphone tidak resmi termasuk Iphone BM dan Iphone HDC atau Iphone Palsu atau abal-abal. Namun tidak semua iphone BM itu merupakan Iphone HDC, sebab banyak iphone BM yang merupakan produk asli apple tapi tercatat tidak resmi karena masuk secara ilegal dan tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Adapun untuk membedakan iphone BM dan Iphone HDC beda lagi, iPhone asli bisa diidentifikasi lewat situs https://checkcoverage.apple.com/ dengan memasukkan nomor seri perangkat.

Nomor model perangkat iPhone juga bisa anda dapatkan dengan mengakses opsi “Mengenai” di menu “Pengaturan. Setelah itu, Anda bisa memasukkannya di situs pengecekan iphone asli diatas. Apabila nomor seri terdeteksi sebagai iPhone asli maka situs tersebut akan menampilkan status garansi perangkat. Namun, apabila situs itu tidak menampilkan status tersebut maka dipastikan perangkat Anda adalah iPhone HDC.

Demikian informasi Cara Cek IMEI iPhone Resmi atau BM, dan Jangan Sampai tertipu Iphone HDC alias Palsu yah, Semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

 

TRENDING :   6 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.