Cara Aman Membeli iPhone Bekas Supaya Tidak Tertipu
Cara Aman Membeli iPhone Bekas Supaya Tidak Tertipu

Cara Aman Membeli iPhone Bekas Supaya Tidak Tertipu

Smartphone bermerek Iphone sepertinya telah menjadi daya tarik sendiri bagi para penggunanya, tidak heran mengapa Iphone yang identik dengan logo Apple nya itu sangat populer di Indonesia bahkan dunia. Hingga dengan banyaknya peminat iphone di tanah air, smartphone Iphone bekas pun tetap laris manis di parasan dan harganya tetap terjaga dan tidak jatuh seperti halnya beberapa merek populer lainnya.

Begitu populernya iphone di Indonesia pun membuka “pintu” orang jahat yang ingin memanfaatkan pembeli yang tidak tahu mengenai iphone dengan menjual iphone bekas dengan harga murah tetapi ternyata memiliki banyak kekurangan, bahkan bisa jadi iphone tersebut merupakan barang palsu yang dibuat menyerupai iphone. Akan tetapi seberapa mirip tampilan luar iphone palsu dengan iphone asli, tetap akan mudah ketahuan dari sistem, fitur dan operating system.

Maraknya penipuan iphone terjadi karena harga iphone yang terkenal memiliki harga sedikit lebih di atas smartphone lain maka wajar di juluki sebagai hp premium hingga hp sultan, sebagai contoh saat awal peluncuran seri iPhone terbaru, misalnya pada iPhone 13 series, harganya bisa mencapai Rp30 juta untuk model tertinggi iPhone 13 Pro Max, atau iPhone 12 Pro Max sebagai model tertinggi pada seri yang lebih lama, kini harganya masih berada pada kisaran Rp20 juta dalam kondisi baru, sebagaimana tertera di marketplace iBox.

Nah, untuk mengakali harga iphone baru yang mahal, maka banyak orang lebih memilih iphone bekas karena harga yang lebih miring dengan produk iphone yang sama, yang membedakan cuman bekas dan cara pemakaian saja, yang tentu akan memberikan minus-minus yang wajib anda ketahui sebelum membeli. B

Bagi anda yang tertarik membeli iphone bekas atau second, berikut beberapa tips aman membeli iphone bekas agar anda terhindar dari kerugian yang lebih besar di kemudian hari yang malah makin menyusahkan anda alih-alih mendapatkan harga iphone bekas yang murah.

TRENDING :   Cara Mudah Membuat Tanaman Bonsai Untuk Pemula, Anti Gagal!
Cara Aman Membeli iPhone Bekas Supaya Tidak Tertipu
Cara Aman Membeli iPhone Bekas Supaya Tidak Tertipu

1. iPhone Menyala dengan benar

Pastikan iphone bekas menyala dengan benar dengan cara mematikan serta menyalakan kembali menggunakan tombol power. Perhatikan proses booting hingga masuk ke layar utama agar anda yakin tidak terdapat masalah pada sistem perangkat.

2. Apple ID telah kosong

Untuk produk Iphone membutuhkan Apple ID atau akun pengguna, dimana setiap iPhone hanya bisa dimasukkan satu Apple ID yang terdiri dari username dan password. Pastikan Apple ID di iPhone bekas telah kosong, sebab apabila masih ada Apple ID yang terdaftar maka anda bakal kesusahan untuk mengoperasikan iPhone secara bebas,dan Anda juga tidak bisa mengunduh aplikasi dan reset iPhone dengan bebas.

Masih ada atau tidaknya Apple ID di iPhone bekas dapat anda ketahui dengan cara klik menu “Pengaturan”, lalu bakal muncul kolom yang berisi nformasi Apple ID di bagian atas menu tersebut, dan apabila Apple ID telah kosong maka tidak bakal tertera nama akun pengguna.

3. Periksa bodi iPhone

Periksa dan cek dengan seksama bodi iphone apabila terdapat terdapat lecet, retak, hingga pecah, sebab besar kemungkinan iPhone bekas itu telah terkena benturan benda keras, yang mana benturan tersebut bisa saja mempengaruhi komponen yang ada di dalam ponsel, dan juga akan berimbas pada harga jual yang semakin turun

TRENDING :   Cara Menghasilkan Uang Dari Telegram Dengan Mudah

4. Sensor iPhone berjalan dengan baik

Pastikan semua sensor iphone berfungsi dengan baik seperti sensor proximity, gyroscope, haptic, Face ID atau Touch ID, dan sebagainya. Anda bisa mencoba beberapa fitur di iPhone untuk memastikan sensor tersebut berjalan dengan baik.

5. Periksa fungsi tombol iPhone

Pastikan semua tombol fungsi iphone dalam kondisi bagus, seperti tombol Volume, tombol Silent, tombol Home (untuk iPhone model Touch ID), serta tombol Power. Pastikan semua tombol tersebut dapat ditekan dengan baik.

6. Kesehatan dan fungsi baterai iPhone

Pastikan baterai iPhone belum dalam status kesehatan “Service”, tandanya masih bisa digunakan dengan baik sebab iphone bekas pastinya mengalami penuruna performa baterai. Status kesehatan baterai iPhone bisa dilihat di opsi “Baterai” dalam menu “Pengaturan”. Pastikan baterai tidak dalam kondisi status kesehatan “Service”.

Anda juga perlu untuk mencoba fungsi baterai dengan melakukan pengisian daya, pastikan daya naik secara normal saar pengisian daya.

7. Fungsi kamera iPhone

Cek dengan seksama kamera untuk melihat adanya semacam noda atau bintik hitam, kemungkinan kamera terdapat gangguan.

8. Periksa layar iPhone

Cek respon dan kondisi layar, dimana layar merupakan komponen vital. Anda dapat mencoba mengusap dari semua sisi, dan pastikan tidak ada retak, dent, bintik hitam atau pecah.

9. Fungsi microphone dan speaker iPhone

Pastikan suara keluar dari lubang speaker iPhone dengan baik dan tidak pecah. Dan untuk memastikan fungsi microphone, Anda bisa mencoba fungsinya dengan melakukan perekaman suara.

10. Konektivitas iPhone berjalan dengan baik

Pastikan fitur konektivitas iPhone berjalan dengan lancar, seperti pada Bluetooth, jaringan seluler, dan WiFi.

Selain pengecekan perangkat, pastikan anda juga memahami jenis iphone yang beredar di Indonesia, yakni yakni iPhone resmi, iPhone BM, dan iPhone HDC, dimana iPhone resmi merupakan iPhone yang asli diproduksi oleh Apple dan didistribusikan ke Indonesia sesuai aturan yang berlaku. Sedangkan untuk iPhone BM atau black market merupakan iPhone yang asli diproduksi Apple, namun tidak didistribusikan sesuai aturan yang berlaku. Dan terakhir dan anda harus berhati-hati adalah iPhone HDC adalah iPhone abal-abal atau tiruan yang tidak diproduksi oleh Apple.

TRENDING :   Aplikasi Penghasil Uang Online Fizzo Terbaru 2022

Demikian informasi mengenai Cara Aman Membeli iPhone Bekas Supaya Tidak Tertipu, semoga dapat menjadi referensi bagi anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.