Simak Fitur Telegram Yang Tersembunyi Mesti Anda Tahu
Simak Fitur Telegram Yang Tersembunyi Mesti Anda Tahu

Simak Fitur Telegram Yang Tersembunyi Mesti Anda Tahu

Telegram adalah sebuah aplikasi perpesanan instan yang berbasis cloud pada perangkat seluler dan desktop yang berfokus pada kecepatan dan keamanan. Dengan sekitar 500 juta pengguna di dénia, aplikasi Telegram dapat digunakan di beberapa perangkat pada saat yang sama, dimana pesan dapat disinkronkan secara otomatis dengan mulus di ponsel, tablet, atau komputer Anda. Dengan Telegram ini, para pengguna dapat mengirim pesan, foto, video, dan semua jenis file (doc, zip, mp3, dll.) serta membuat grup hingga 200.000 anggota atau saluran untuk menyebarkan informasi ke jumlah penerima yang tidak terbatas.

Dengan telegram, anda dapat menulis ke kontak telepon dan menemukan orang lewat nama pengguna mereka. Telegram seperti campuran SMS dan email – dan dapat mengurus semua kebutuhan pesan pribadi atau untuk bisnis Anda. Untuk privasi keamanan ekstra, Telegram juga mendukung panggilan suara terenkripsi, dengan pengaturan lanjutan dan kebijakan yang revolusioner. Jika pengguna menginginkan privasi, Obrolan Rahasia atau Secret Chat di Telegram memiliki fitur Self-Distruct yang akan menghapus pesan, foto, dan video dengan sendirinya. Jadi telegram mempriotaskan keamanan untuk para penggunanya, bahkan ada beberapa rumor yang menyebutkan Telegram lebih memiliki keamanan yang lebih tinggi jika dibandingkan pesaingnya whatsapp walaupun hal tersebut belum dapat dibuktikan.

Apabila anda pengguna telegram tentunya sudah mengetahui fitur-fitur unik yang membedakan aplikasi Telegram dari aplikasi online chatting atau pengiriman pesan lainnya, seperti WhatsApp atau Line. Dimana anda perhatikan dari sistem keamanan yang menjanjikan, terdapat fitur permainan yang seru, hingga fitur pesan rahasia yang cocok buat anda yang ingin menjaga privasi anda saat sedang chat dengan seseorang, dan masih banyak lagi fitur lainnya yang pastinya akan membuat pengalaman anda chatting akan menjadi lebih menarik.

TRENDING :   Kapan Saatnya Ganti Hp, Ikuti 5 Tanda Berikut

Nah, bagi anda pengguna telegram ada beberapa fitur yang mesti anda ketahui yang mungkin anda tidak mengetahui atau melewatkannya. Fitur apa sajakah ? Simak penjelasannya dibawah ini :

Simak Fitur Telegram Yang Tersembunyi Mesti Anda Tahu
Simak Fitur Telegram Yang Tersembunyi Mesti Anda Tahu

1. Mengatur pesan masuk di grup dengan fitur Slow Mode

Jika anda pengguna telegram yang aktif dan sudah familiar dengan grup telegram, tentunya anda mengetahui bahwa Telegram mengizinkan penggunanya untuk menambahkan anggota grup hingga 200.000 orang. Nah, dengan kuota anggota sebesar itu, tentu dapat anda bayangkan berapa banyak pesan yang mungkin anda dapatkan tiap harinya dari satu grup saja, walaupun cuman anggota berisikan seribuan member. Untuk itu, telegram memberikan fitur admin grup mempunyai opsi ‘Slow Mode’ agar tidak kelabakan dan kesulitan dalam mengatur grup. ‘Slow Mode’ adalah fitur untuk menjadwalkan waktu tertentu bagi anggota grup sebelum mereka bisa mengirimkan pesan berikutnya ke grup tersebut, untuk membatasi member untuk mengirimkan pesan sehingga member yang lain mendapatkan kesempatan yang sama.

Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, masuk ke grup yang anda miliki dan klik Edit > Permissions. Kemudian, pilih durasi yang diinginkan di bagian bawah halaman. Fitur ini mempermudah admin grup untuk mengelola grup-grup mereka agar lebih efisien, namun masih nyaman digunakan.

2. Cari teman baru lewat fitur Find People by Location

Bagi anda yang ingin memperluas jaringan pertemanan atau bisnis serta mendapatkan teman hingga pasangan online baru, fitur ini mungkin paling menarik untuk anda, dimana Telegram mengizinkan pengguna untuk menemukan grup dan teman yang baru dari lokasi sekitar anda. Syaratnya hanya pengguna dan grup harus mengaktifkan fitur ini juga agar bisa ditemukan. Jadi, apabila grup atau pengguna yang anda cari belum mengaktifkan fitur ini, anda juga belum bisa menemukan mereka lewat Telegram.

TRENDING :   Ponsel Terbaik Untuk Dibeli Pada Tahun 2022

Untuk menggunakan fitur ini, masuk ke tab Contacts dan berikan izin lokasi saat ditanyakan. Jadi bagi anda yang mencari pasangan atau teman untuk sekedar ngopi, fitur ini wajib anda coba.

3. Merekam Video Meeting

Seperti yang kita ketahui bersama selama situasi Covid-19 di berbagai negara di dunia berdampak pada dunia kerja dimana para pekerja dimungkinkan untuk bekerja dari rumah atau Work-From-Home agar tidak terjangkit atau menyebarkan virus covid 19, hingga meeting dan interview pun dilakukan online. Berbagai platform online meeting yang biasa digunakan, seperti Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams. Nah dengan telegram hampir memiliki fungsi yang sama dengan platform lainnya, tapi menambahkan fitur khusus dimana anda bisa menjadwalkan online meeting lewat grup Telegram, anda juga bisa merekam dan mengirimkan rekaman meeting tersebut ke tiap teman atau kolega yang anda kenal di Telegram.

Untuk menggunakan opsi ini, klik tombol Chat dan tekan simbol mikrofon. Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan anda sudah memberikan izin akses aplikasi Telegram untuk mengirim gambar dan video.

4. Anti kehilangan data-data penting dengan fitur Private Channel

Fitur terakhir yang perlu anda ketahui adalah merupaka sebuah fitur unik yang hanya Telegram memiliki fitur ini yakni membuat channel privat yang dapat dipersonalisasi. Telegram memiliki fitur channel yang mengizinkan pengguna untuk menyebarkan informasi ke siapa saja tanpa menerima respon atau pesan balik dari para channel subscribers. Channel ini biasanya dapat diakses secara publik, namun apabila anda membutuhkan fitur yang memungkinkan anda untuk menyimpan data atau pesan penting apa pun, misalnya, fitur ini cocok banget untuk anda.

Untuk membuat channel privat, tiap pengguna mungkin memiliki instruksi yang berbeda tergantung tipe device yang digunakan. Secara singkat, cara mengaktifkan fitur ini adalah sebagai berikut:

TRENDING :   Begini Cara Isi ShopeePay Lewat OVO, Mudah dan Tidak Ribet!

iPhone:

Masuk ke tab Chats, klik opsi New Message di sudut kanan atas aplikasi dan pilih opsi New Channel.

Android:

Masuk ke Chats dan klik simbol pensil dan pilih ‘New Channel’ dari daftar pilihan yang tersedia.

Desktop:

Ketuk menu ‘hamburger’ di sudut kiri atas dan pilih opsi ‘New Channel’.

Catatan : pastikan telegram anda selalu terupdate ke versi terbaru untuk menggunakan fitur-fitur terbaru telegram, dimana Telegram terus menawarkan inovasi-inovasi baru lewat fitur-fiturnya, yang membuat aplikasi menjadi lebih menyenangkan, mudah, dan unik digunakan.

Demikian Fitur Telegram Yang Tersembunyi Mesti Anda Tahu untuk membuat pekerjaan atau rutinatas anda sehari-hari yang berhubungan dengan telegram dapat lebih mudah dengan bantuan fitur-fitur telegram yang bertujuan untuk mempermudah dan meningkatkan user experience . Semoga berguna dan bermanfaat, Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.