Fitur Getar Iphone tidak Berfungsi ? Berikut Solusinya
Fitur Getar Iphone tidak Berfungsi ? Berikut Solusinya

Fitur Getar Iphone tidak Berfungsi ? Berikut Solusinya

Fitur getar pada smartphone hampir kita temui disemua merek smartphone termasuk Iphone. Tentunya fungsi getar pada smartphone sangat penting sebab semua smartphone memiliki fitur ini dimana salah satu fungsinya adalah sebagai tanda peringatan saat terdapat notifikasi masuk, selain audio. Fungsi getar juga sangat bermanfaat ketika saat tidak ingin terganggu dengan suara dering smartphone dimana fitur getar cukup untuk memberi tahu pemilik smartphone bahwa ada notifikasi, telpon atau sms yang masuk. Untuk iphone sendiri, fungsi getar hampir ada disetiap fungsi smartphone hingga alarm pun terdapat fitur getar.

Namun tentu, sama seperti smartphone merek lain, fungsi getar di Iphone dapat anda aktifkan atau non aktifkan dimana biasanya fitur getar ini biasa terdapat lewat tombol saklar fisik silent yang berada di bodi samping kiri iPhone, sementara untuk mematikan fitur getar, biasanya pengguna dapat lakukan dengan mengetuk tombol saklar tersebut untuk beralih ke mode silent. Namun, ada beberapa kasus dan kondisi tertentu yang membuat fungsi getar tidak berfungsi, meski iPhone dalam mode dering, dimana seharusnya saat iPhone dalam mode dering, peringatan notifikasi masuk akan muncul dengan nada audio tertentu beserta getaran ponsel. Lalu, apa penyebab getar iPhone tidak berfungsi pada saat mode dering aktif? Ada kemungkinan besar karena pengaturan fitur getar iPhone untuk peringatan notifikasi telah nonaktif.

Fitur Getar Iphone tidak Berfungsi ? Berikut Solusinya
Fitur Getar Iphone tidak Berfungsi ? Berikut Solusinya

Nah apabila anda termasuk pengguna iphone yang mendapati fitur getar iphone anda tidak berfungsi, maka pertama aktifkan pengaturan getar di Iphone setting sebagai berikut :

  • Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu Pengaturan
  • Klik opsi “Bunyi & Haptik
  • Pastikan toggle “Bergetar saat Berdering” dan “Bergetar saat Hening” telah aktif
    dan berada di posisi warna hijau.
  • Setelah memastikan toggle tersebut dalam kondisi aktif.
TRENDING :   Ponsel Terbaik Untuk Dibeli Pada Tahun 2022

Silahkan cek getar iPhone anda, dengan cara bisa melalui berbagai metode, misal mengetuk tombol silent, menyambungkan iPhone dengan cas, atau ketuk dan tahan layar “home” iPhone. Apabila terasa getaran di iPhone, berarti fitur getar telah berfungsi dengan baik. Namun apabila fungsi getar masih tidak anda rasakan, berarti anda harus mencoba cara lain. Sekedar informasi, fitur getar iPhone berfungsi menggunakan sensor Haptic, dimana kerja dari sensor ini bisa pengguna nyalakan dan matikan sesuai kebutuhan. Saat sensor pengguna matikan, mengakibatkan getar iPhone mati juga. Bila iPhone tidak bergetar saat ada respon tertentu, maka ada kemungkinan sensor tersebut telah anda matikan. Nah untuk mengatasinya, silahkan cek langkah berikut :

  • Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu Pengaturan
  • Gulir ke bawah dan pilih opsi “Aksesibilitas”
  • Kemudian, pilih opsi “Sentuh”
  • Lalu, gulir ke bawah dan pastikan toggle “getaran” telah pengguna aktifkan.

 

Dan silahkan cek kembali fitur getar iphone anda dengan cara mengetuk tombol  silent, menyambungkan iPhone dengan cas, atau ketuk dan tahan layar “home” iPhone. Namun apabila dengan dua cara tersebut fitur getar masih tidak ada, maka kemungkinan besar telah terjadi kerusakan di sensor Haptic, dimana hal tersebut sudah termasuk kerusakan hardware dan membutuhkan penanganan yang lebih profersional ke tempat service iphone jika anda ingin segera mengembalikan fitur getar di iphone anda.

Demikian Cara memperbaiki dan solusi Fitur Getar Iphone tidak Berfungsi, semoga dapat membantu dan bermanfaat mengingat pentingnya fungsi getar ketika ada telpon, notifikasi dan alarm lainnya dari iphone anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.