Jenis Tanaman Sayuran yang Biasa Ditanam Secara Hidroponik

Jenis Tanaman Sayuran yang Biasa Ditanam Secara Hidroponik

Bagi anda pecinta tanaman, tentu pasti pernah mendengar atau bahkan sedang bertanam secara hidroponik dirumah anda, dimana hidroponik merupakan cara budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanam yang sangat populer saat ini di kalangan pecinta tanaman. Budidaya tanaman secara hidroponik ini sangat populer tentu bukan tanpa alasan, karena memiliki banyak keuntungan. Bahkan banyak ibu-ibu rumah tangga mengisi waktu kosong dengan berbudidaya tanaman sayur di rumah dimana pas untuk mengisi waktu luang, memberi nuansa hijau dan segar dirumah, serta dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan dapur.

Jenis Tanaman Sayuran yang Biasa Ditanam Secara Hidroponik

Apa saja keuntungan bertanam dengan Hidroponik ?

1. Perawatan yang lebih praktis serta serangan hama bisa terkontrol dengan baik dengan penanganan yang tepat.
2. Jaminan keberhasilan tanaman tumbuh serta berproduksi dengan maksimal.
3. Metode kerja yang lebih hemat serta memiliki standar tersendiri.
4. Produktivitas tanaman lebih baik.
5. Harga jual tanaman hidroponik lebih tinggi.
6. Penggunaan pupuk lebih efisien.
7. Lahan sempit bukan menjadi masalah.
8. Terhindar dari risiko bencana alam dan tidak ketergantungan terhadap kondisi alam.
9. Untuk beberapa jenis tanaman bisa dibudidayakan di luar musim asli dari tanaman tersebut.

Menarik bukan ? Lalu Jenis tanaman apa saja yang cocok untuk ditanam secara hidroponik ?

Berikut beberapa jenis tanaman sayuran yang dapat anda terapkan untuk bertanam secara hidroponik :

1. Tomat

Tanaman tomat tidak hanya dapat ditanam di lahan terbuka, tetapi dapat juga ditanam dengan menggunakan sistem hidroponik yang efisien namun tidak kalah dengan hasil tomat. Namun pastikan bahwa sebelum memulai, anda hanya membeli benih yang bersertifikat untuk hasil yang maksimal dan tidak mengecewakan anda nantinya.

Untuk memulai tanaman tomat secara hidroponik, anda harus memulai dari benih dan bukan bibit, sebab benih, anda dapat dengan melakukan penyemaian sendiri serta yakin akan kualitas tanaman yang akan anda rawat serta terbebas dari ancaman patogen.

TRENDING :   Ternyata Mudah, Ini Cara Membuat Rockwool Hidroponik Sendiri

Pastikan juga anda memilih media tanam yang cocok untuk tomat, dimana untuk tomat hidroponik, media tanam cocopeat karena sesuai dengan kebutuhan tanaman ini. Setelah jangan lupa berbagai perawatan lainnya seperti menyiram, memberi nutrisi, melakukan penyulaman, dan lainnya.

2. Selada

Selada adalah tanaman yang biasa dikonsumsi sebagai lalapan, salad, atau jenis olahan makanan lain dan memiliki rasa yang segar serta renyah, menjadikan tanaman ini salah satu tanaman favorit untuk dibudidayakan dirumah, baik itu selada daun hijau dan daun merah. Selain itu, selada ini juga termasuk tanaman yang cepat panen dengan usia sekitar 30 – 45 hari. Tidak hanya itu, tanaman ini banyak dilirik karena memiliki harga ekonomis yang tinggi dan biasanya di jual di supermarket untuk konsumen masyarakat menengah ke atas.

3. Kangkung

Tentu anda sudah mengetahui tanaman yang satu ini, dan perawatannya pun cukup mudah serta merupakan tanaman dengan masa panen yang cukup singkat.

4. Pakcoy

Pakcoy merupakan tanaman yang cukup populer saat ini dan memiliki banyak kandungan vitamin mineral sehingga sangat pas untuk diolah menjadi berbagai makanan yang enak sekaligis menyehatkan. Maka tidak heran banyak yang berbudidaya pakcoy dengan hidroponik karena juga memiliki masa panen yang relatif sigkat,. Adapun berbudidaya tanaman ini menggunakan media tanam rockwool.

5. Seledri

Tidak usah ditanyakan lagi, seledri merupakan salah satu jenis tanaman yang wajib hadir di dapur, dimana aroma khas seledri akan menambah setiap masakan yang menggunakannya seperti sup,bubur, dan lainnya, maka tanaman ini pun cukup populer untuk dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Untuk bertanam seledri, anda dapat menggunakan sistem wick atau sumbu.

Demikian 5 Jenis Tanaman Sayuran yang Biasa Ditanam Secara Hidroponik yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk memiliki tanaman sayur yang ditanam sendiri serta hasilnya yang sangat memuaskan dibandingkan membeli di pasar. Semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

TRENDING :   Cara Membuat Alat Hidroponik Sederhana untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.