Cara Mengobati Gusi Bengkak disertai Nyeri Secara Alami! Cepat dan Tepat

Cara Mengobati Gusi Bengkak disertai Nyeri Secara Alami! Cepat dan Tepat

Apakah anda pernah merasakan sakit gigi hingga gusi bengkak dan rasanya yang nyeri sekali ??? Jika iya, tentunya hal tersebut merupakan salah satu pengalaman yang menyakitkan serta dapat mempengaruhi mood dan aktifitas anda sehari-hari karena nyeri yang terasa sangat menyiksa, maka itu pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk mencegah masalah kesehatan pada area mulut, seperti gusi bengkak disertai nyeri. Tentunya ketika rasa nyeri menyerang, anda wajib segera mencari cara agar rasa nyeri dapat mereda bahkan hilang.

Tentu sebelum kita membahas cara mengobati gusi bengkak, kita harus membedakan sakit gigi yang menyebabkan gusi yang bengkak atau hanya pembengkakan pada gusi saja karena beberapa hal seperti sariawan, gusi lecet karena menyikat gigi terlalu keras atau terkena benda keras lainnya tanpa sengaja, maupun penumpukan karang gigi. Untuk anda yang bermasalah dengan gusi yang bengkak yang disertai rasa nyeri, jangan terlau cepat mengambil keputusan untuk menyembuhkan dengan obat sebab banyak cara mengobati gusi yang bengkak dengan cara yang alami yang juga cepat dan manjur untuk meredakan rasa nyeri yang anda alami . Mau tahu ? Berikut cara alami yang dapat anda coba dirumah dengan bahan yang mudah didapatkan disekitar anda.

Jika tidak ditangani segera, rasa nyeri dari gusi bengkak menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Air Garam Untuk Berkumur

Air garam memiliki kandungan anti bakteri dan mencegah bakteri, sehingga dapat berfungsi untuk membantu mengurai dan mencegah pertumbuhan bakteri di gusi yang dapat menyebabkan pembengkakan. Caranya pun cukup mudah dimana anda hanya membutuhkan setengah sendok teh garam dan mencampurnya dengan segelas air hangat, kemudian setelah larutan garam tersebut teraduk dengan baik anda dapat berkumur menggunakan larutan tersebut sebanyak 3 kali selama 30 detik sehari. Perlu diingat untuk jangan melakukan hal tersebut terlalu sering, karena larutan garam juga dapat menyebabkan gigi anda mudah terkikis.

TRENDING :   4 Cara Alami Memutihkan Gigi Yg Kuning

2. Kompres Menggunakan air hangat atau es batu

Cara yang paling manjur menurunkan atau meredakan gusi yang bengkak adalah dengan mengompres area gusi yang bengkak dengan menggunakan air hangat atau es batu. Cara penerapannya jika anda menggunakan air dingin atau es batu dapat menggunakan kain bersih untuk membungkus es dan tempelkan pada area gusi yang sakit dengan lembut. Sedangkan untuk air hangat, anda dapat menghangatkan air bersih hingga cukup hangat dan tidak perlu mendidih, kemudian rendam kain bersih pada air hangat tersebut hingga cukup hangat, keluarkan lalu peras, kemudian anda dapat menempelkan pada bagian gusi yang bengkak dan nyeri secara lembut secara berulang hingga nyeri mereda.

3. Kunyit

Mengapa kunyit, sebab rempah-rempah ini memiliki kandungan curcumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, tidak hanya itu kunyit juga memiliki sifat antimikroba dan antijamur sehingga sangat bermanfaat untuk membantu meredakan dan menyembuhkan gusi yang bengkak dan nyeri. Adapun cara penerapannya adalah dengan mencampur satu sendok teh bubuk kunyit, setengah sendok teh garam, serta setengah sendok teh air. Silahkan aduk hingga rata hingga berbentuk pasta, dan anda dapat langsung menempelkan pada gusi yang bengkak dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan cara berkumur.

4. Cengkeh

Cengkeh yang juga kita sebagai rempah-rempah masakan atau kue, ternyata juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan gusi nyeri anda karena dapat di manfaatkan sebagai analgesik atau pereda nyeri. Untuk penerapannya, caranya hampir sama dengan kunyit, yakni dengan mencampurkan air hangat secukupnya dan auk hingga berbentuk pasta lulu Alaskan pada bagaian yang nyeri selama 10 menit lalu bersihkan dengan cara berkumur dengan air.

TRENDING :   Cara Mengobati Luka Diabetes Dengan Daun Binahong! Murah dan Efektif

5. Minyak Esensial

Ternyata minyak esensial memiliki manfaat lain untuk anda gunakan sebagai spray minyak untuk meredakan dan menyembuhkan gusi anda yang nyeri dan bengkak. Anda pun dapat membuat spray sendiri dirumah dengan cara menggunakan isi botol semprot apa saja yang tidak mengandung bahan atau sisa berbahaya yang dapat anda temukan dan membersihkannya, setelah sudah benar-benar bersih, masukkan sekitar 5 tetes minyak esensial kemudian kocok dan semprotkan pada bagian gusi yang nyeri, dan jangan lupa untuk berkumur untuk membersihkannya. Adapun jenis minyak yang dapat gunakan seperti cengkeh, oregani, serta peppermint.

Demikian cara mengobati gusi yang bengkak disertai nyeri secara alami yang cepat dan tepat untuk menjadi solusi anda untuk meredakan hingga menyembuhkan masalah anda. Semoga berguna dan bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.