Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah

Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah

Perut dan organ di dalamnya adalah salah satu bagian tubuh yang sangat berperan dalam kesehatan dan rutinitas kita sehari-hari, dimana perut terus bekerja nonstop memastikan semua berjalan baik didalam tubuh kita, maka tidak heran banyak keluhan mengenai masalah perut ini yang berada antara dada dan pinggul yang berisikan beberapa organ vital seperti usus, hati yang tergabung dalam sistem pencernaan.

Berbagai macam keluhan mengenai perut seperti sakit perut sebelah, mual, kembung, dan masih banyak lagi lainnya, namun hal yang mungkin paling sering dikeluhkan adalah sakit perut sebelah atau bagian kanan bawah.

Mengapa sakit perut bagian kanan bawah seakan menjadi momok bagi banyak orang ? Faktarnya, ada banyak kondisi yang dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan atau bagian bawah perut. Akan tetapi perlu diingat agar tidak menjadikan hal yang sepele, sebab pada beberapa kasus, sakit perut memerlukan bantuan medis dengan segera, jadi anda tetap harus waspada.

Jika membahas sakit perut sebelah kanan bawah, pada posisi itu terdapat organ bagian dari usus besar, serta ovarium pada wanita, jadi tentu saja anda sudah dapat mengambil kesimpulan bukan penyebab dari sakit perut bagian kanan bawah.

Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kanan BawahCara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah

Lalu, bagaimana cara mengobati sakit perut sebelah kanan bawah dan perawatan apa saja yang perlu kita lakukan agar sakitnya tidak menjadi terlalu parah ?

Walaupun terkadang sakit perut biasa menyerang dan berhenti dengan sendiri serta terlihat sederhana, bahkan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan ekstra khusus bahkan tanpa obat, tapi bukan berarti hal tersebut dapat anda sepelekan dimana sakit pada bagian perut tentu ada penyebabnya dan bukan sakit tanpa alasan dan tanpa informasi yang cukup dan sikap anggap enteng, penyakit tersebut bisa tambah parah dari waktu ke waktu, jadi apabila sakit perut yang terus menyerang yang anda pikir sudah tidak normal lagi ada baiknya anda meminta bantuan dan konsultasi medis untuk pencegahan tahap awal.

TRENDING :   Inilah 5 Cara Mengobati Kanker Payudara

Untuk penyebabnya dan penanganannya atau pengobatannya, seperti yang telah kita membahas sebelumnya organ apa saja yang terdapat pada posisi perut bagian bawah maka besar kemungkinan penyebabnya adalah nyeri haid untuk wanita , dan anda dapat mengobatinya dengan obat penghilang rasa sakit atau obat nyeri. Pastikan mengkomsumsi obat tersebut sesuai dengan dosis serta aturan pakai yang berada pada kemasan.

Sedangkan hal lain yang dapat menjadi penyebab sakit perut kanan bawah adalah sakit kembung yang dimana kembung mungkin salah satu penyakit yang paling sering anda dengar bahkan sering mengalaminya sendiri dan biasanya mereda dengan sendirinya tanpa bantuan obat sekalipun, namun cara untuk mempercepat penyembuhan serta mencegah sakit perut kembung adalah dengan memiliki pola makan yang teratur atau mengubah pola makan anda selama ini yang sering menyebabkan kembung , selain itu juga dengan berolahraga secara teratur dapat membantu anda terhindar dari penyakit kembung yang sering menghampiri.

Selain itu, istirahat dan banyak minum air putih akan banyak membantu tentunya. Namun apabila anda terlalu sering mengalami sakit kembung dan merasa tidak normal, maka anda dapat meminta bantuan medis untuk obat dan saran medis sesuai dengan kondisi anda, sebab sakit perut yang terlalu sering bisa jadi penyebabnya bisa lebih parah seperti radang usus buntu, infeksi, dan sebagainya, maka dari itu pentingnya untuk mengecek kondisi anda secara medis untuk kepastian tanpa perlu mengira-ngira dan berasumsi.

Seperti yang kami sebutkan diatas, sakit perut juga dapat sebabkan radang usus yang penanganannya memerlukan bantuan dokter bahkan hingga kondisi terburuk dapat dilakukan operasi, sedangkan untuk infeksi dapat dilakukan pengobatan antibiotik tergantung seberapa besar dan parah infeksi yang terjadi. Nah dari beberapa asumsi diatas, tentu radang usus merupakan penyakit yang harus anda deteksi sejak dini sebelum menjadi semakin parah, adapun untuk gejala-gejala radang usus sebagai berikut :

  1. Terdapat rasa sakit yang biasanya bermula di sekitar pusar, kemudian pindah ke bagian kanan bawah perut.
  2. Ada gejala lain yang mengikuti seperti demam, mual, hingga muntah
  3. Disertai juga dengan rasa nyeri dan sensasi panas saat buang air kecil
  4. Ditandai dengan nyeri perut yang disertai diare, buang air besar berdarah, hingga demam. Terjadi karena endapan mineral di ginjal terbawa urine ke saluran kemih dan dapat menyebabkan nyeri.
  5. Merupakan kumpulan gejala akibat pergerakan usus yang berlebihan dan gangguan pada saraf usus. Biasanya, disertai dengan diare atau sembelit serta lendir pada saat buang air besar.
  6. Nyeri saat menstruasi. Biasanya terjadi sebelum atau selama menstruasi, dapat juga terjadi pada perut sebelah kiri bawah.
  7. Biasanya disertai dengan rasa nyeri pada saat berhubungan intim serta perdarahan tidak normal di luar periode menstruasi.
  8. Kista Ovarium, apabila kista besar atau pecah, dapat menimbulkan sakit perut sebelah kanan bawah.
TRENDING :   4 Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami

Nah, apabila anda mendapatkan gejala-gejala sebagai diatas, maka ada baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk analisa dan penangan lebih lanjut.

Demikian ulasan mengenai cara mengobati sakit perut khususnya bagian kanan bawah yang mungkin anda sering mengalaminya dan penasaran mengenai penyakit apa yang menyebabkannya serta bagaimana cara penanangan serta pengobatannya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.