Cara Membuat Aquascape Untuk Pemula

Aquascape sekarang ini telah menjadi hobi dan trend yang banyak diminati oleh banyak kalangan masyarakat mulai dari yang muda, hingga dewasa, terlebih lagi pada saat pandemi covid 19 saat ini yang kebanyakan orang mencari kesibukan untuk berdiam didalam rumah dan kegiatan aquascape dianggap pas untuk itu dan menjadi hiburan tersendiri dengan berkreasi dengan aquascapenya masing-masing, dimana ada yang menyukai jenis aquascape seperti menampilkan sebuah taman yang menyerupai hutan, bebatuan, hingga tebing yang ada air terjunnya.

Cara Membuat Aquascape pemula

Aquascape sendiri dapat dikatakan sebuah seni dimana pelaku aquascape dapat membuat benda biotik dan abiotik hidup secara berdampingan dan serasi di dalam media air. Benda biotik yang dimaksud seperti ikan dan juga beberapa jenis tumbuhan air yang dipadukan dengan berbagai jenis benda abiotik yang lainnya seperti kayu batu dan juga karang. Nantinya semua elemen ini aka. ditata serta dipadukan secara rapi di dalam sebuah kotak kaca atau aquarium. Biasanya aquascape seperti ini ini dibuat dengan menampilkan suatu pemandangan yang indah dalam sebuah akuarium, jadi hampir mirip seperti miniatur taman di dalam air yang sangat indah dipandang mata dan tentunya akan sangat memuaskan bagi pelaku aquascape melihat hasil karya dan usahanya menjadi sebuah keindahan yang membuat mata tidak bosan untuk melihatnya.

Tentu bagi anda yang telah melihat atau mengagumi keindahan aquascape akan merasa tidak percaya diri atau minder untuk dapat memulai karena masih pemula dan tidak mengetahui banyak mengenai aquascape, tetapi jangab kuatir sebab aquascape tidaklah serumit yang anda pikirkan dan anda dapat memulai step by step sesuai perkembangan anda di dunia aquascape dan membuat maha karya aquascape anda sendiri.

TRENDING :   Macam-macam Desain Baju Polos Kaos, Caritahu Disini!

Lalu bagaimana memulai membuat aquascape untuk pemula ? Berikut beberapa tips bagi anra pemula dan baru mau belajar mengenai aquascape dengan beberapa langkah yang mudah serta terjangkau untuk anda ikuti dan lakukan sendiri dirumah.

1. Buatlah dekorasi dasar akuarium
Hal pertama yang perlu anda lakukan terlebih dahulu adalah menaburkan pasir halus hingga ke bagian dasar aquascape. Silahkan Anda taburkan pasir halus dengan ketinggian sekitar 2-3 cm, dimana anda dapat menggunakan jenis pasir silica yang pas untuk aquascape untuk membuat dekorasi bagian dasar.

2. Pemupukan
Berikan pupuk dengan ketebalan kurang lebih 2-3 cm, dan perlu diingat hindari pupuk mengenai ujung kaca, agar nantinya tidak tampak dari luar dan mengganggu penampilan aquascape anda. Adapun fungsi pupuk berfungsi unruk memberikan nutrisi tanaman yang akan digunakan.

3. Menutup Pupuk dengan Pasir
Setelah pemupukan sesuai kebutuhan, anda dapat kembali menutup dengan pasir dimana nantinya akan menjadi bagian dasar aquascape. Buatlah serapi mungkin dan menarik untuk membuat aquascape anda indah dipandang nantinya.

4. Menambahkan bebatuan dan aksesoris
Untuk membuat aksen yang indah dan penampilan menarik, anda dapat menambahkan bebatuan maupun aksesoris mati untuk aquarium dan jangan lupa mengatur dan menempatkan di posisi yang menarik sesuai keinginan atau desain anda sebelumnya.

5. Masukkan tanaman
Anda sudah dapat memasukkan tanaman yang telah anda siapkan sebelumnya, dan yang terpenting untuk melakukan penyemprotan pada tanaman supaya tanaman anda nantinya tidak rusak, atau layu, yang mengganggu hasil kerja anda.

6. Isi dengan air
Setelah semuanya telah ditempatnya masing-masing dan telah sesuai dengan desain serta keinginan anda, maka anda boleh mulai memasukkan air secara perlahan agar nantinya dasar aquarium, bebatuan, tumbuhan yang telah anda atur tidak menjadi berantakan.

TRENDING :   Inspirasi Desain Kartu Nama Keren dan Yang Terbaik 2022

Apabila ketika anda memasukkan air dan menjadi kusam jangan panik sebab hal tersebut merupakan proses yang normal.

7. Gunakan filter dan perangkat pendukung
Menuju ke tahap akhir sekaligus hal yang terpenting adalah menyusun filter, diffuser co2, serta lampu yang akan anda gunakan, dimana hal tersebut bertujuan untuk menyaring air. Sementara Co2 dan lampu sangat penting peranannya untuk proses fotosintesis pada tanaman dalam aquascape tersebut dan membentuk sebuah lingkungan yang alami.

Demikian ulasan singkat tentang bagaimana membuat aquascape untuk pemula yang mudah serta memiliki harga yang terjangkau sehingga siapapun dapat melakukan hal ini dirumah, semoga berguna dan bermanfaat.Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.