Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian dalam

Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam, Cek Tipsnya !

Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam – Seperti yang kita ketahui bersama, telinga adalah salah satu organ yang paling penting pada tubuh manusia, bahkan kita mempelajari fungsi dan manfaat organ telinga sejak bangku sekolah dasar mengingat pentingnya organ pendengar yang satu ini, dan wajib kita syukuri dan jaga apabila indera pendengar kita ini dapat berfungsi secara optimal tanpa gangguan untuk dapat mendengar berbagai suara.

Akan tetapi seperti hal nya organ lain pada tubuh manusia, telinga memang tidak selalu sehat dan membutuhkan perawatan agar terhindar dari penyakit dan tetap bersih serta berfungsi normal.

Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian dalam

Pernah anda mempunyai keluhan sakit telinga ? Keluhan masalah telinga tentu banyak, mulai dari telinga yang kotor, telingan yang berdengung, telinga yang berair, atau sakit telinga bagian dalam dan masih banyak keluhan masalah dan cara mengobati telinga lainnya.

Tentu kebanyakan masalah penyakit telinga terdapat di telinga bagian dalam, sebab jika keluhan penyakit telinga bagian luar biasanya berputar di sekiran daun telinga, dan kulit sekitar telinga. Anda mungkin orang yang pernah atau sedang merasakan sakit telinga bagian dalam saat ini, dimana tentu rasanya sangat tidak nyaman, sakit hingga mengganggu aktifitas normal anda sehari-hari.

Tips Mengobati Sakit Telinga Baian Dalam

Namun jangan kuatir, sebab kali ini kita akan membahas dan berbagi tips cara mengobati sakit telinga bagian dalam yang wajib anda coba apabila anda atau orang tersayang sekitar anda sedang merasakan gangguan pada telinga bagian dalam. Panduan cara mengobati ini aman dan telah diambil dari beberapa referensi artikel kesehatan yang terpercaya yang dapat anda terapkan sebagai berikut :

TRENDING :   Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Ginjal Stadium Awal

1. Memijat Telinga

Sama hal ketika tubuh yang lelah atau pegal dan sakit, pijatan lembut tentu akan memberikan rasa nyaman bukan ? Sama halnya dengan telinga yang memiliki keluhan sakit pada bagian dalam.

Pijatlah dengan perlahan dan lembut, dimulai dari belakang telinga, kemudian berlanjut ke arah leher, dengan jari bergerak ke bawah dan ke depan. Pijatan telinga akan meringankan rasa sakit terutama jika ada masalah infeksi di telinga. Jadi walaupun anda tidak langsung ke masalah utama sakit telinga anda bagian dalam, setidaknya dapat membantu anda merasa lebih nyaman.

2. Kompress telinga

Keluhan sakit pada telinga pada bagian dalam tentu akan membuat tidak nyaman, dimana anda hanya perlu menyikapinya dengan tenang dan terlalu panik. Cukup dengan mengompress nya dengan menggunakan air hangat atau kompress dengan air dingin.

Dengan mengompress telinga akan dapat membantu meredakan sakit telinga yang anda alami serta membuat peredaran darah sekitar telinga akan lebih lancar dan juga otot otot telinga akan lebih rileks. Anda dapat mencoba mengompress telinga anda selama 10 menit hingga 20 menit apabila anda merasakan keluhan sakit pada telinga.

3. Tidur dengan posisi yang tepat

Salah satu hal penyebab sakit telinga pada bagian dalam adalah posisi tidur yang salah karena posisi telinga yang tertekan di satu sisi dan tidak berubah selama tidur. Adapun posisi telinga yang benar adalah tetap tegak seperti halnya saat sedang duduk atau berdiri.

Apabila anda secara tidak sengaja terus mengulang posisi yang salah dalam tidur, anda dapat mengatasi hal tersebut dengan kepala dengan 2 bantal yang empuk yang bertujuan agar mengurangi tekanan pada telinga serta telinga memiliki peredaran darah yang baik.

TRENDING :   Cara Mengobati Luka Diabetes Dengan Daun Binahong! Murah dan Efektif

3. Minum air jahe

Mengobati sakit telinga tentu tidak harus dari bagian luar saja, sebab bantuan obat penghilang rasa sakit atau meminum obat-obatan herbal tentu akan membantu.

Salah satu pengobatan herbal dari dalam yang dapat anda coba adalah meminum air jahe yang terbukti bermanfaat untuk mengurangi masalah peradangan, sebab sakit telinga mungkin juga disebabkan oleh peradangan.

Telinga dapat sakit karena terjadi peradangan. Oleh sebab itu, cara mengobati sakit telinga bagian dalam salah satunya adalah dengan meredakan peradangan yang terjadi.

4. Kompres dengan bawang putih

Selain dengan mengompres menggunakan air hangat dan dingin seperti yang telah kita sebutkan di atas, anda juga dapat mengompresnya menggunakan rempah seperti bawang putih yang bermanfaat positif mengurangi rasa sakit pada telinga, sebab bawang putih memiliki kandungan allicin yang merupakan zat anti bakteri.

Adapun cara penerapannya pada telinga yang sakit adalah anda harus membungkus beberapa siung bawang putih secukupnya didalam kain yang bersih dan mengompres nya di sekitar telinga yang memiliki keluhan. Anda dapat melakukan hal ini sekitar 5 meni5 hingga 10 menit .

5. Membersihkan telinga

Mungkin hal ini adalah yang paling sederhana yang dapat anda lakukan, akan tetapi walaupun terlihat sederhana tetapi mesti anda lakukan secara hati-hati mengingat jika anda mengalami sakit telinga sebab dapat semakin memperparah keluhan anda.

Untuk membersihkan telinga yang bertujuan untuk menghindari penumpukan kotoran telinga dalam telinga dapat anda lakukan dengan membersihkan bagian luarnya saja menggunakan kain bersih atau kassa yang telah di celupkan didalam air hangat. Adapun untuk kebersihan telinga bagian dalam yang sakit dapat dilakukan oleh dokter anda.

6. Teteskan minyak zaitun

Tentu kita sudah mendengar berbagai macam manfaat dari minyak zaitun yang dimana minyak nabati ini dapat membantu meringankan dan mengurangi sakit telinga anda.

TRENDING :   Cara Mengobati Kurap Dengan Garam, Efektifkah atau Tidak?

Untuk penerapannya, anda dapat meneteskan atau mengoles secukup minyak zaitun pada telinga yang sakit, yang dapat membantu memberikan efek antiinflamasi serta meredakan sakit telinga.

Demikian 6 langkah yang dapat anda coba apabila anda atau anggota keluarga memiliki masalah dan keluhan pada sakit telinga bagian dalam, semoga membantu dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.