cara menanam cabe hidroponik sederhana

Praktis! Cara Menanam Cabe Hidroponik Sederhana dengan Polybag

Cabe merupakan salah satu palawija yang banyak dibutuhkan di dapur sebagai bahan pembuat sambal. Tak heran jika banyak masyarakat tertarik untuk membudidayakan tanaman cabai, salah satunya dengan teknik hidroponik. Namun bagi pemula yang baru pertama kali mencoba, tak jarang bertanya-tanya bagaimana cara menanam cabe hidroponik sederhana dan mudah dilakukan.

Pengertian hidroponik sendiri adalah teknik budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya, melainkan memanfaatkan air nutrisi. Teknik penanaman ini dapat dilakukan dengan berbagai media tanam, salah satu yang paling mudah adalah polybag. Penasaran dengan langkah budidaya cabe hidroponik polybag? Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Langkah-langkah Cara Menanam Cabe Hidroponik Sederhana


  1. Siapkan Bibit Berkualitas

cara menanam cabe hidroponik sederhana

Langkah pertama adalah menyiapkan bibit cabai berkualitas baik. Caranya Anda perlu mengeringkan cabe segar yang diambil bijinya, lalu rendam biji di dalam wadah berisi air hangat selama 24 jam. Setelah direndam semalaman, pilih biji yang tenggelam di dasar wadah. Pasalnya biji yang tenggelam tersebut memiliki kualitas lebih baik jika dibandingkan dengan biji mengapung.


  1. Siapkan Polybag

cara menanam cabe hidroponik sederhanaSetelah merendam biji di langkah awal, Anda bisa menyiapkan polybag berlubang sebagai media tanam. Campurkan tanah dengan pupuk kandang atau pupuk kompos, jika tidak Anda juga bisa menggunakan tanah humus. Masukkan campuran tanah tersebut ke dalam polybag lalu diamkan selama dua hari, atau dapat langsung digunakan saat itu juga.

Letakkan biji pada kain basah yang sebelumnya telah diperas. Tutup lalu untai cabai di kain tersebut, diamkan selama 3 hingga 4 hari atau hingga biji mulai mengeluarkan kecambah.

TRENDING :   5 Cara Membuat Hidroponik Rakit Apung Skala Produksi

Jika telah berkecambah, barulah Anda bisa menanamnya di polybag dengan kedalaman lubang kurang lebih 0,5 cm secara hati-hati. Setelah biji telah ditanam ke dalam lubang, tutup lubang menggunakan pasir halus. Kemudian berikan tutup di atas polybag tersebut agar kecambah dapat tumbuh subur.


  1. Pindahkan Bibit ke Polybag Besar

cara menanam cabe hidroponik sederhanaCara menanam cabe hidroponik sederhana selanjutnya adalah memindahkan bibit ke polybag lebih besar. Umumnya kecambah akan tumbuh subur dalam waktu tiga hari, sehingga Anda perlu rutin menyiram setidaknya satu kali sehari.

Setelah itu bibit cabe yang berusia 30 hari atau ketika telah mengeluarkan daun 4-5 tangkai siap untuk dipindahkan. Buat lubang sedalam 5-8 cm berdiameter 30-40 cm.

Namun sebelum memindahkan, Anda perlu menyiapkan campuran media tanam terlebih dahulu di polybag besar. Perlu diperhatikan proses pemindahan harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak merusak jaringan cabe. Setelah berhasil dipindahkan, segera sirami bibit agar tidak layu.

Perawatan Tanaman Dari Cara Menanam Cabe Hidroponik Sederhana

Hal terpenting dalam proses budidaya tanaman adalah perawatan. Berikan pupuk susulan dengan kandungan hara makro agar pertumbuhan tanaman lebih cepat dan hasil panen melimpah.

Setelah itu lakukan penyiraman 5-7 kali dalam satu kali, agar tanaman tidak terlalu kering. Perhatikan pula gulma atau hama yang mungkin dapat mengganggu pertumbuhan tanaman, segera atasi jika Anda menemukannya.

Namun dalam menangani hama tak boleh sembarangan, karena penanganan harus disesuaikan dengan jenis hama yang menyerang. Contohnya Anda dapat menggunakan fungisida untuk membasmi jamur, bakterisida untuk membunuh bakteri, atau insektisida untuk menghilangkan serangga.

Tips Memanen Dari Cara Menanam Cabe Hidroponik Sederhana

Tanaman cabe yang siap panen umumnya berumur 80-90 hari dan telah berubah warna menjadi merah. Hindari memanen cabe terlalu matang atau terlalu dini, karena dapat merusak hasil panen.

TRENDING :   Begini Cara Bertanam Hidroponik Sistem Wick Bagi Pemula

Ketika memetik usahakan lakukan pada jam 7-10 pagi atau di sore hari, karena di waktu tersebut matahari tidak terlalu panas. Petik cabe beserta tangkainya menggunakan gunting atau pisau.

cara menanam cabe hidroponik sederhana

Bagaimana? Cara menanam cabai hidroponik dengan polybag di atas sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Selamat mencoba!

Pencarian PopulerCara Menanam Cabe Hidroponik Dengan Botol Bekas ,Tabel Ppm Hidroponik Cabe ,Nutrisi Hidroponik Cabe ,Cara Semai Cabe Hidroponik ,Cara Menanam Tanaman Hidroponik Cabe ,Cara Menanam Cabe Sistem Hidroponik ,Cara Menanam Cabe Secara Hidroponik ,Cara Menanam Cabe Rawit Hidroponik ,Cara Menanam Cabe Hidroponik Untuk Pemula ,Cara Menanam Cabe Hidroponik Dengan Rockwool ,Apa Itu Sistem Polybag?,Cara Menanam Cabe Hidroponik Dalam Polybag ,Cara Menanam Cabe Hidroponik ,Cara Menanam Cabe Dengan Hidroponik ,Cabe Hidroponik Paralon ,Bagaimana Cara Menanam Cabe Yang Tepat? ,Bagaimana Cara Bercocok Tanam Dengan Hidroponik? ,Apakah Cabe Bisa Ditanam Secara Hidroponik? ,Apa Saja Media Tanam Hidroponik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.