20 cara menghemat listrik

20 Cara Menghemat Listrik di Rumah Agar Tagihan Tidak Mahal

20 Cara Menghemat Listrik – Cara menghemat listrik dilakukan dengan banyak mengubah kebiasaan sepele. Tapi pasti bisa konsisten kan? Cara terbaik untuk menghemat listrik adalah dengan menggunakannya secara cerdas. Ini bukan hanya berbicara tentang berapa banyak Anda membayar listrik itu, tetapi tentang menggunakan sumber daya alam dengan bijak. Bukankah begitu?

Di rumah kita, kita mengandalkan listrik untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari pencahayaan, pengaturan suhu, penggunaan perangkat dan masih banyak lagi. Ketika Anda menggunakan lebih banyak listrik, itu berarti tagihan listrik Anda akan meningkat.

Bagaimana cara untuk menghemat listrik, yuk kita simak 20 cara menghemat listrik berikut untuk menghemat uang dan meningkatkan penggunaan dengan lebih efisien.

20 Cara Menghemat Listrik Di Rumah

Berbicara tentang cara menghemat listrik di rumah, sebenarnya ada banyak cara berbeda yang bisa Anda terapkan. Pertama, dapat berkisar dari perilaku sederhana hingga perbaikan rumah yang lbih baik. Mengutip Evergy Sage, mari kita simak 20 cara hemat listrik yang bisa kita terapkan:

  1. Matikan lampu yang tidak perlu

20 cara menghemat listrikCara pertama dari 20 cara menghemat listrik ini pasti sudah pada tau semua kan,  Tapi pada konsisten gak untuk mematikan lampu yang tidak perlu hayo?

TRENDING :   5 Desain Rumah Minimalis Modern Terbaru dan Keunggulannya

Misalnya dengan mematikan lampu segera saat tidak digunakan, tidak pernah terlambat untuk mematikan lampu teras di siang hari, dll. Lebih baik lagi jika Anda beralih ke lampu LED.

  1. Menggunakan Cahaya atau Sinar Matahari

20 cara menghemat listrik
image source : 99.co

Manfaatkan sinar matahari secara maksimal sebagai sumber penerangan rumah Anda di siang hari. Hal ini baik untuk kesehatan Anda karena dapat menghindari kelembapan di dalam ruangan, sekaligus menjadi cara untuk menghemat listrik.

Saran ini, maksimalkan pembuatan jendela yang menghadap ke selatan. Mengutip Bchydro, ini dapat menerangi hingga 200 hingga 100 kali area dari arah lain. Kamu ingin mencoba?

  1. Gunakan Lampu Tugas

20 cara menghemat listrikMisalnya, ketika Anda belajar di meja Anda, gunakan lampu kecil yang terletak di sana alih-alih menyalakan lampu langit-langit.

  1. Jangan Mandi Lama-Lama

Jika rumah Anda menggunakan pemanas air listrik, agar lebih menghemat listrik adalah dengan mandi sebentar. Air panas itu mahal guys.

  1. Matikan Air Saat Mencuci Tangan Dan Menggosok Gigi

Minimalkan penggunaan air saat mandi? Matikan keran saat mencuci tangan selama 20 detik atau saat menyikat gigi. Kemudian nyalakan kembali saat dibutuhkan. Hemat air = hemat listrik.

  1. Pisahkan Kabel Elektronik Yang Tidak Digunakan

Apakah pengisi daya ponsel Anda masih terpasang meskipun Anda tidak menggunakannya? Daya cadangannya bisa sampai 10 persen dari rata-rata pemakaian listrik rumah lho.

Memang sih charger ponsel yang masih tetap terpasang membuat anda tidap repot dan lebih nyaman saat isi daya. Tapi alhasil, tagihan listrik kamu juga ikut naik.

  1. Hindari Pengering Mesin Cuci

20 cara menghemat listrikPengering sangat memudahkan saat musim hujan sehingga pakaian tidak bau apek. Tapi ketika matahari bersinar, saya pikir Anda harus mengurangi penggunaannya.

  1. Tinggalkan Komputer

Jika Anda masih menggunakan komputer di rumah, saya pikir Anda harus mempertimbangkan untuk menggantinya dengan laptop. Lebih hemat listrik guys!

  1. Matikan Ac Saat Tidak Di Rumah

Kebiasaan ini sering dilupakan. Coba matikan AC setidaknya selama lima jam sehari saat Anda bepergian dan perhatikan perbedaan biaya tagihannya. Cara hemat listrik yang ini sangat terasa karena pemakaian AC dapat menguras kantong juga lho!

  1. GunakanlahAir Panas Saat Memasak Nasi Dengan Rice Cooker

Apakah Anda pernah mencoba cara hemat listrik ini? Yups no 10 dari 20 cara menghemat listrik adalah gunakan air panas saat memasak nasi di rice cooker. Alih-alih menggunakan air dingin di awal memasak, gunakan air yang sudah panas agar nasi lebih cepat matang. Lebih cepat matikan rice cooker, hemat listrik kan?

  1. Penggantian TV LCD

20 cara menghemat listrikTV LCD mengkonsumsi lebih banyak daya daripada TV LED. Jadi jika Anda masih menggunakan TV jenis ini, pertimbangkan untuk menggantinya ke LED untuk cara yang lebih baik dalam menghemat listrik.

  1. Hindari Matahari Sore Hari

Sinar matahari sore hari yang masuk ke dalam rumah dapat membuat ruangan menjadi terlalu panas dan membuat Anda gerah sehingga membuat kita menghidupkan AC agar ruangan menjadi lebih sejuk. Buang-buang listrik kan? Nah, gunakan penutup jendela saat sore hari tiba.

  1. Gunakan Tirai

Tirai dapat menahan panasnya sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan, tetapi mereka membiarkan cahaya masuk alih-alih pengganti lampu rumah.

  1. Perbanyaklah Tanaman Di Rumah

20 cara menghemat listrikTanaman hijau di dalam rumah membuat udara lebih sejuk dan segar. Akhirnya, Anda akan menggunakan AC lebih sedikit!

  1. Meningkatkan kapasitas mesin cuci

Cobalah mulai dengan mengurangi jumlah pencucian dengan memaksimalkan kapasitas mesin cuci. Tidak hanya menghemat listrik, tetapi juga menghemat air dan energi.

  1. Efisiensi Lemari Es

Jaga kulkas atau lemari es pada suhu optimal 2-3°C untuk pendingin dan -18°C untuk freezer. Selain itu, kurangi frekuensi membuka tutup lemari es dan jangan memasukkan makanan ke dalam lemari es saat masih panas, karena akan membuat lemari es Anda bekerja lebih keras.

  1. Penggantian Bohlam

20 cara menghemat listrik
image source: orami.co.id

Bola lampu pijar konvensional harus diganti dengan lampu CLF atau LED yang menggunakan energi 25 hingga 80 persen lebih sedikit. Meski harganya mahal, namun jika Anda bisa mengurangi konsumsi listrik dan umur lampu lebih lama, Anda tetap akan lebih hemat!

  1. Belilah Alat Untuk Hemat Energi

Rata-rata, peralatan menyumbang sekitar 13% dari total penggunaan energi rumah tangga. Jadi, sebagai cara untuk menghemat listrik, perhatikan konsumsi data peralatan saat menggunakannya. Meskipun harga pembelian mungkin lebih tinggi, biaya operasional seringkali 9-25 persen lebih rendah saat digunakan.

  1. Pilih Setrika Dengan Kontrol Panas Otomatis

Saat menyetrika tentunya akan menghabiskan waktu yang lama. Setrika tanpa kontrol panas otomatis akan terus menghantarkan listrik. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu memilih setrika dengan kontrol panas otomatis sehingga Anda dapat lebih menghemat listrik.

  1. Matikan Alat-alat Elektronik Saat Di Malam Hari

Cara terakhir dari 20 cara menghemat listrik adalah setelah kegiatan kita selesai dan Anda sudah beristirahat untuk malam ini, jangan lupa untuk mematikan semua perangkat elektronik dan lampu yang ada di dalam rumah. Selain dapat menghemat listrik, Anda juga mendapatkan kenyamanan yang maksimal.

TRENDING :   Inilah Ide Desain Rumah Sederhana 3 Kamar

Tentu tidak semua 20 Cara Menghemat Listrik sebelumnya bisa dilakukan secara maksimal jika tidak semua orang melakukannya di rumah. Ayo ajak semua anggota keluargamu untuk bersama-sama menghemat listrik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.