Cara Mengetahui Siapa Yang Menyadap WA Kita
image source : freepik.com

5 Cara Mengetahui Siapa Yang Menyadap WA Kita

Cara mengetahui siapa yang menyadap WA kita mungkin tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Meski bisa dikatakan cara melakukannya tidaklah rumit. WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan. Di satu sisi, semakin banyak pula pihak yang tertarik untuk melakukan tindak kriminal seperti menyadap akun pengguna WhatsApp.

Cara mengetahui siapa yang menyadap WA atau dibajak orang lain bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tidak diperlukan keahlian ilmu komputer khusus, atau mempelajari bahasa pemrograman khusus. Karena cara orang lain menyadap Whatsapp kita sebenarnya sangat sederhana yaitu dengan menggunakan WhatsApp Web.

Bagi Anda yang belum tahu, WhatsApp Web adalah fitur yang memungkinkan kita untuk menggunakan WhatsApp di website. Fungsi ini sangat cocok digunakan jika Anda sering bekerja di menggunakan komputer dan tetap menginginkan WhatsApp tanpa perlu ponsel. Dengan begitu, semua pesan yang masuk ke WA Anda di ponsel Anda dapat dibaca dan dijawab langsung dari komputer Anda. Namun sebagai pengguna, kita bisa mengetahui jika WA kita sedang disadap oleh orang lain.

Namun sayangnya, banyak juga orang yang menggunakan fitur tersebut untuk membajak WhatsApp orang lain. Yaitu dengan memindai barcode WA orang lain ke komputer mereka. Dengan cara seperti itu, orang tersebut bisa membajak atau menyadap WA orang lain. Dari membaca isi pesan hingga membalas pesan, dia bisa melakukan segalanya dari komputernya.

Mengerikan bukan?

Oleh karena itu, kali ini Anda harus membaca artikel Gblognews yang membahas tentang cara menghentikan pembajakan di WhatsApp Anda. Caranya cukup sederhana dan tidak rumit. Berikut cara mengetahui apakah akun WhatsApp Anda telah diretas, dikutip dari Alphr.

Berikut 5 Cara Mengetahui Siapa Yang Menyadap WA Kita

1.Periksalah Aktivitas WA atau WhatsApp

Cara Mengetahui Siapa Yang Menyadap WA Kita
image source : Liputan6.com

Saat Anda membuka WA, pertama-tama Anda akan melihat daftar pesan. Lihat daftar ini untuk pesan yang tidak terkirim dan diterima dari orang yang tidak dikenal.

TRENDING :   3 Cara Mengetahui Chat Wa Yang Sudah Dihapus

2. Periksalah detail kontak

Cara Mengetahui Siapa Yang Menyadap WA Kita
image source : Surya.co.id

Penjahat yang mencoba membajak akun akan mencoba mengubah detail kontak. Anda bisa melihatnya dengan menekan tiga titik di pojok kanan atas. Kemudian ketuk Pengaturan dan lanjutkan dengan masuk ke menu profil. Periksa dengan seksama apakah informasi tersebut benar. Jika ada perubahan, amankan segera dengan verifikasi dua langkah.

3. Periksalah Pesan dari WA atau WhatsApp

Cara Mengetahui Siapa Yang Menyadap WA KitaCari pesan dengan mengetik WhatsApp di bagian pencarian. Cari di sana untuk pesan tentang perubahan atau akses akun.

4. Periksalah Daftar Teman Kita

Cara Mengetahui Siapa Yang Menyadap WA Kita
image source: ITPOIN

Lakukan pemeriksaan pada kontak WhatsApp. Anda melakukan ini dengan membuka aplikasi dan mengetuk ikon obrolan di bagian bawah. Periksa apakah teman baru yang tidak dikenal muncul dalam daftar.

5. Periksalah Obrolan Terbaru Kita

Periksa sesi terakhir dengan mengetuk tiga titik lalu pilih Perangkat yang dipasangkan. Lihat di daftar “Terakhir aktif…” untuk perangkat yang tidak dikenal. Jika sudah, segera pilih opsi Sign Out.

Cara mengatasi WhatsApp Diretas

Cara Mengetahui Siapa Yang Menyadap WA Kita
image source: tekno.tempo.co

image source : quora.com1. Buka WhatsApp di smartphone Anda. Baik Android maupun iOS. Kemudian klik titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih menu “WhatsApp Web”.

2. Selanjutnya Anda akan masuk ke menu WhatsApp Web. Jika ada informasi tentang WhatsApp web yang terakhir digunakan, terpecahkan bahwa ada orang lain yang menguping di WA Anda. Segera sentuh tombol “Keluar dari semua perangkat” untuk menghentikan penyadapan.

Cara Mengetahui Siapa Yang Menyadap WA Kita

3. Selesai. Sekarang orang yang menyadap Anda dengan WhatsApp Web tidak bisa lagi mengetuk WA Anda, mulai dari membaca hingga mengirim pesan, apa pun yang tidak bisa lagi mereka lakukan.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Nyatanya, meski mudah, masih banyak orang yang belum mengetahui cara melakukan hal di atas. Jadi saat disadap, dia tidak sadar WA-nya disadap orang lain. Hal ini memungkinkan semua pesan yang masuk ke WA-nya dapat dengan mudah dibaca oleh orang lain. Bayangkan sedang mesra dengan pacar Anda, mengirim gambar dan kemudian dibaca oleh orang lain.

TRENDING :   Cara Cek IMEI iPhone Resmi atau BM, Jangan Sampai Iphone HDC alias Palsu

Apakah kamu tidak malu?

Belum lagi tangkapan layar oleh penyadap. Kemudian screenshot tersebut menyebar dan menjadi viral di media sosial, membuatnya semakin ricuh.

Anda tidak menginginkan itu, bukan?

Jadi Anda harus rajin mengecek WhatsApp Web Anda apakah ada yang menggunakannya atau tidak. Segera cabut izin WhatsApp Web menggunakan cara di atas jika ada yang menggunakannya tanpa sepengetahuan Anda.

Jangan lupa juga bagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu agar tidak menjadi korban penyadapan WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.