desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya

Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dan Biaya yang Dibutuhkan untuk Membangun

Semua orang pasti bercita-cita ingin memiliki hunian pribadi, baik ketika masih sendiri maupun ketika sudah berkeluarga. Karena persoalan lahan, biasanya kebanyakan lebih memilih rumah 2 lantai. Sayangnya, beberapa masih kesulitan dalam memilih desain sehingga rumah terasa begitu-begitu saja. Pada kali ini akan dibahas tentang beberapa ide desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya yang dibutuhkan.

Rumah dua lantai memang memiliki beberapa kelebihan. Sebagai contoh, apabila tempat tersebut rawan banjir, maka lantai kedua bisa menjadi tempat menyimpan barang penting seperti dokumen atau barang elektronik. Selain itu, pemilik rumah dapat menikmati pemandangan dari sudut pandang lebih tinggi sehingga cocok dijadikan tempat bersantai di pagi ataupun sore hari.

Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dan Biaya Pembuatannya

  1. Rumah 2 lantai tipe 36

desain rumah 2 lantai sederhana dan biayaUntuk keluarga baru, membeli tanah kecil terlebih dahulu adalah langkah yang cukup baik. Hal tersebut karena harganya masih sangat terjangkau. Selain itu, membuat rancangan desain pada hunian ini cenderung lebih mudah, terlepas dari ukurannya terbatas. Akan tetapi, fakta mengatakan bahwa tipe 36 termasuk salah satu paling laris di pasaran sehingga mudah diperjualbelikan.

Desain tipe 36 memang lebih condong dalam memanfaatkan keterbatasan ruang namun tetap memberikan hasil visual lebih maksimal. Sebisa mungkin gunakan furnitur multifungsi agar tetap memiliki cukup ruang guna keperluan lain. Konsep semi terbuka bisa menjadi pilihan, yakni ketika ruang keluarga dan ruang tamu saling terhubung tanpa adanya sekat. Jika manajemen lantai pertama bisa cukup baik, maka di lantai kedua bisa dijadikan taman mini ataupun tempat bersantai.

  1. Rumah 2 lantai tipe 45

desain rumah 2 lantai sederhana dan biayaSelain tipe 36, tipe 45 juga cukup banyak laku di pasaran. Banyak pendapat mengatakan bahwa tipe 45 sangat cocok untuk keluarga baru yang baru saja memiliki anak. Hal tersebut karena ruangannya cenderung lebih besar dibandingkan jenis sebelumnya. Dengan demikian, ruang gerak pun akan semakin lega, terutama dalam menyediakan ruang bermain bagi anak.

TRENDING :   5 Desain Rumah Minimalis Modern Terbaru dan Keunggulannya

Mengenai desain, rumah ini sangat fleksibel untuk dikreasikan sesuai keinginan. Misalnya, Anda tetap bisa memiliki halaman luas tanpa harus mengorbankan ruangan lain seperti garasi. Tak hanya itu saja, tipe hunian ini juga memiliki kelebihan dalam jumlah kamar sehingga bisa memiliki kamar khusus asisten rumah tangga.

  1. Biaya pembuatan hunian 2 lantai

desain rumah 2 lantai sederhana dan biayaLantas, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun rumah 2 lantai? Sebenarnya semua tergantung dari beberapa faktor seperti lokasi, cara pembelian, pemilihan desain, dan lain-lain. Membangun hunian di kawasan perkotaan serta dekat dengan berbagai fasilitas umum tentu jauh lebih membutuhkan biaya dibandingkan lokasinya cukup terpencil.

Hal itu wajib benar-benar dipertimbangkan terlebih dahulu. Setelah lokasi, Anda juga membutuhkan dana guna membayar upah dari tukang bangunan. Normalnya, tukang bangunan dibayar harian sekitar Rp150.000,00 hingga Rp200.000,00 per hari di kawasan perkotaan. Apabila di wilayah pedesaan, mungkin biayanya sedikit lebih ringan.

Setelah itu, ukuran rumah juga menentukan biaya. Untuk ukuran 100 meter persegi, setidaknya dibutuhkan biaya sekitar Rp400.000.000,00. Belum lagi jika ingin menambahkan taman yang mungkin akan memakan biaya sekitar Rp10.000.000,00. Jadi, itulah hal-hal perlu Anda pertimbangkan dalam melakukan budgeting untuk membangun rumah 2 lantai.

Setelah membaca pembahasan tentang desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya yang dibutuhkan ini, diharapkan Anda mampu memiliki hunian nyaman sebagai tempat tinggal serta memiliki tampilan indah menawan. Tak hanya itu, hal tersebut juga akan sangat membantu dalam hal budgeting sehingga Anda dapat memperkirakan berapa uang harus dikeluarkan untuk itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.