bansos pkh

Bansos PKH Hanya Modal HP Bisa Dapat Rp. 10,8 Juta

Salah satu program bantuan (bansos) yang akan dilanjutkan pada awal tahun 2022 adalah Program Keluarga Harapan (PKH). Bansos PKH yang dikutip dari laman resmi Kementerian Sosial merupakan program bantuan sosial bersyarat bagi keluarga miskin (KM) yang dilaksanakan sejak 2007 sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan kronis.

Bansos PKH untuk siapa saja?

bansos pkh tujuanDisebut Program Keluarga Harapan atau PKH, yaitu program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin yang ditunjuk sebagai penerima Bansos PKH. Sebagai salah satu syarat bantuan, bantuan PKH diberikan kepada keluarga miskin khususnya ibu hamil dan anak-anak.

Bagaimana Cara mendapatkan bantuan Bansos PKH?

Selain mendaftar sebagai penerima bansos PKH dengan mendatangi kantor Desa/Kelurahan secara mandiri dan membawa dokumen KTP dan KK, Anda juga dapat mendaftar melalui Formulir Permohonan Cek Bansos yang tersedia di app store.

Bagaimana cara memeriksa apakah PKH cair atau tidak?

Akses Halaman Cek Penerima Bantuan Sosial PKH Januari 2022 di https://cekbansos. kemensos.go.id. Isikan data provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan pada baris yang sesuai. Masukkan nama penerima (PM) seperti yang tertera di KTP.

Bantuan PKH Februari 2022 hanya akan dibayarkan kepada masyarakat yang telah mendaftarkan KTP di dua saluran di bawah ini. Simak cara mendapatkan Rp. 10,8 juta untuk bantuan hanya dengan modal HP.

Seperti diketahui, Bantuan PKH Tahap 1 tetap akan diberikan kepada 10 juta orang mulai Februari hingga Maret 2022. Bantuan hingga Rp 10,8 juta per tahun untuk satu keluarga dengan empat kategori penerima disalurkan melalui Himpunan Bank Negara( Himbara ) seperti BNI, BRI, BTN, dan Bank Mandiri.

TRENDING :   Cara Mendapatkan Uang Di Snack Video Dan Cara Penarikannya

bansos pkh bank

Untuk mendapatkan Bansos PKH pada Februari 2022, masyarakat miskin harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). DTKS ini menjadi acuan yang digunakan pemerintah untuk memberikan bantuan, baik dari APBD maupun PBN. Berikut cara mendaftarkan KTP ke DTKS dan berhak mendapatkan bantuan pemerintah sebesar Rp 10,8 juta melalui Program Bansos PKH:

  1. Datang langsung ke kelurahan untuk direkomendasikan sebagai penerima manfaat dengan membawa berkas seperti:
  • KTP
  • Kartu Keluarga

Apakah Saya bisa mendaftar Bansos PKH secara online?

bansos pkh cek
image source : suara.com

Masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan PKH dapat melakukan pendaftaran PKH secara online. Untuk mendaftar PKH secara online dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos yang dapat diunduh atau diunduh dari Play Store di ponsel atau smartphone.

  1. Daftar online melalui link yang diberikan pemerintah, misalnya:
  • Pemprov DKI Jakarta sediakan link dtks.jakarta.go.id
  • Kementerian Sosial menyediakan Aplikasi Cek Bansos

Berikut cara daftar online melalui Aplikasi Cek Bantuan Sosial:

  1. Download aplikasinya dari PlayStore lalu install di hp kamu
  2. Daftar terlebih dahulu untuk membuat akun dengan mempersiapkan detail sebagai berikut:
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • detail kartu identitas
  • Foto KTP
  • Nomor kartu keluarga
  1. Masuk dengan akun yang Anda miliki
  2. Kemudian pilihlah menu “Daftar Usulan”
  3. Isi data diri kamu dan ikuti langkah selanjutnya sampai siap

Orang yang dapat direkomendasikan sebagai penerima bantuan PKH Februari 2022 adalah orang-orang yang memiliki bukti identitas dengan kualifikasi sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Warga miskin atau rentang miskin
  3. Bukan TNI, Polri dan ASN
  4. Terdaftar melalui link cekbansos.kemensos.go.id
  5. Tidak bisa mendapatkan bantuan lain selama pandemi covid-19

Selain itu, penerima bantuan sebesar Rp 10,8 juta merupakan satu keluarga yang terdaftar sebagai penerima bantuan PKH dan memiliki sejumlah kerabat yang termasuk dalam kategori penerima bantuan, antara lain:

  • Ibu hamil / nifas
  • Anak usia dini
  • Penyandang disabilitas berat
  • Lansia
TRENDING :   5 Tips Saat Mendaftar dan Mencari Beasiswa Menggunakan Telegram

Bahkan, Bantuan Sosial PKH juga disalurkan ke kategori lain, seperti anak sekolah dengan nominal manfaat yang berbeda.

Berapa Bansos PKH SMA yang bisa didapat?

Siswa SD, SMP, dan SMA menerima Bantuan Sosial PKH mulai Rp. 500 ribu di bulan Oktober, lihat ketentuan dan daftar penerimanya di sini. Anak-anak usia sekolah dasar, menengah, dan menengah dijamin menerima bantuan sosial PKH atau BLT untuk anak sekolah hingga Rp 500 ribu pada Oktober 2021. Cek online apakah keluarga Anda sudah menerima Bantuan PKH sebesar Rp. 10,8 juta atau tidak di tautan Cekbansos.kemensos.go.id dengan memasukkan informasi pribadi Anda dan kode verifikasi yang disebutkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.