skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah

Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer Dikenal Dengan Istilah Apa?

Didalam pelajaran TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi, anda pastinya sudah mengenal jaringan komputer bukan? Tetapi skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah apa? Untuk memahami hal tersebut, maka sangat penting untuk membaca ulasan berikut ini lebih jauh lagi.

Berdasarkan dengan pengertiannya, istilah diatas ini sendiri merupakan suatu sistem dimana terdiri dari dua ataupun lebih dari komputer yang saling terhubung dengan menggunakan media komunikasi sekaligus transmisi. Dengan begitulah, maka jaringan komputer bisa langsung terhubung agar bisa berbagi perangkat keras ataupun data aplikasi lainnya.

Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer Dikenal Dengan Istilah Apa?

skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilahSampai disini, anda pastinya juga penasaran bagaimanakah skema desain pembangunan sebuah koneksi komputer dengan istilah apa bukan? adapun istilahnya yakni topologi. Nah, untuk memahaminya lebih jauh itulah, maka penting untuk mengetahui bagaimanakah pengertian yang ada didalamnya tersebut.

Adapun topologi merupakan suatu metode yang digunakan supaya bisa menghubungkan satu komputer dengan komputer-komputer lainnya. Adapun struktur dimana digunakan buat menghubungkan tersebut yakni dengan kabel ataupun nirkabel.

Pemilihan dari metode inipun ternyata didasarkan oleh berbagai macam hal didalamnya seperti skala jaringan, tujuan, biaya dan pengguna. Adapun Jenis dari topologi yang pertama kali digunakan adalah jenis bus. Tetapi perlu diingat juga bahwa setiap jenisnya mempunyai kelebihan sekaligus kekurangan masing-masing.

Jenis-jenis Topologi Yang Perlu Diketahui

Untuk memahami lebih lanjut mengenai skema dari desain pembangunan jaringan komputer, maka anda harus memahami bagaimanakah jenis-jenis dari Topologi tersebut. Jika anda penasaran, kami sudah menyiapkan informasi pentingnya tersebut diantaranya adalah.


  1. Topologis BUS

skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilahSeperti telah dijelaskan sebelumnya, ini merupakan tipe yang pertama kali digunakan buat menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Didalam jenis ini, maka setiap komputer akan terhubung ke satu kabel dengan ukuran yang Panjang sekaligus beberapa terminal. Di akhir kabelnya juga harus terdapat terminator.

TRENDING :   Begini Cara Bertanam Hidroponik Sistem Wick Bagi Pemula

Tetapi keberadaan jenis ini, ternyata semakin jarang digunakan untuk membangun hubungan masing-masing komputer karena beberapa alasan seperti kemungkinan terjadinya tabrakan data. Jika salah satu perangkat putus atau kerusakan maka fungsi lainnya juga sama.


  1. Tipe Star

skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilahSesuai dengan Namanya, susunan dari topologi ini ternyata berbentuk star atau bintang. Didalamnya mempunyai node inti atau tengah yang disambungkan pada node-node lainnya. Karakternya yakni setiap node akan melakukan komunikasi langsung dengan konsentrator atau HUB.

Adapun beberapa kelebihan yang ditawarkan untuk tipe skema ini seperti mudah untuk mengubah ataupun menambahkan komputer ke dalam jaringan. Apabila salah satu jaringan mengalami kerusakan, maka jaringan lainnya tidak akan terganggu hingga anda bisa menggunakan berbagai macam tipe kabel.


  1. Tipe Ring

skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilahBerikutnya adalah tipe ring dimana mempunyai kinerja sangat bagus dibandingkan dengan lainnya. Jaringan ini juga membutuhkan bandwidth dengan fitur time-sensitive seperti audio ataupun video. Pada topologi inilah, masing-masing titik mempunyai fungsi sebagai repeater untuk membuat sinyal kuat.

Karakter dari Topologi Ring tersebut diantaranya adalah node-node akan dihubungkan secara serial dengan bentuk jaringan seperti lingkaran, layout yang sederhana, hingga adanya paket data yang dapat mengalir didalam satu arah baik ke kanan ataupun kiri. Tetapi topologi inipun mempunyai kekurangan yakni jika satu komputer gagal fungsi, maka berpengaruh pada lainnya.

Dalam pembentukan koneksi komputer, maka dibutuhkan metode yang tepat dalam pembangunannya. Sudah tahu skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah apa bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.