bansos pkh 2022

Pengumuman! Berikut Daftar Penerima Bantuan Sosial (BANSOS) PKH Tahap 1 Februari 2022

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan kembali menyalurkan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan atau Bansos PKH kepada 10 juta orang di tanah air. Bantuan senilai Rp 900 ribu hingga Rp 3 juta per orang ini jika diakumulasikan bisa cair hingga Rp 10,8 juta untuk satu keluarga. Ketentuannya, setiap keluarga yang menginginkan Rp. 10,8 juta sebagai bantuan dari program bansos PKH harus memiliki setidaknya empat kategori penerima manfaat yang berbeda dalam keluarganya, yaitu ibu hamil/melahirkan, lansia, anak kecil, dan disabilitas berat.

Sebagai informasi, Program Bansos PKH merupakan wujud Nawacita Presiden Joko Widodo yang memiliki sejumlah tujuan luhur, antara lain sebagai berikut:

  1. Meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia
  2. Mengurangi beban masyarakat, apalagi saat ini Indonesia masih dilanda wabah virus corona
  3. Mewujudkan perubahan perilaku dan kemandirian masyarakat
  4. Pengentasan Kemiskinan
  5. Inklusi keuangan bagi keluarga penerima manfaat

bansos pkh 2022Cek pengumuman berikut, cari tahu cara melihat daftar penerima PKH tahap 1 Februari 2022, beserta tata cara pencairan bansos dari Kementerian Sosial. Jika masuk dalam daftar penerima bansos PKH Tahap 1, masyarakat bisa mendapatkan Rp. 3 juta. Jika satu keluarga memenuhi persyaratan, mereka akan mendapatkan Rp 10,8 juta. Program bansos PKH sendiri merupakan salah satu program Kementerian Sosial yang bertujuan untuk melepaskan jebakan kemiskinan masyarakat miskin melalui pelayanan pendidikan dan kesehatan. Masyarakat miskin yang menerima bantuan sosial dari PKH antara lain anak usia dini, siswa SD dan SMA, penyandang disabilitas, lansia, dan ibu hamil.

Pada 2022, pemerintah berencana memberikan 10 juta keluarga penerima manfaat program bansos PKH. Januari 2022 mulai mencair. Penyaluran program bansos PKH 2022 sendiri dilakukan setiap 3 bulan sekali, artinya ada 4 tahap penyaluran. Cek daftar penerima yang bisa dilihat di cekbansos.kemensos.go.id.

TRENDING :   Cara Mendapatkan Uang Di Snack Video Dan Cara Penarikannya

Berikut Rincian Bantuan Bansos PKH:

  • Kategori ibu hamil/nifas: Rp. 3.000.000,-
  • Kategori Anak Usia Dini 0 s.d. 6 Tahun : Rp. 3.000.000,-
  • Kategori Pendidikan Anak SD/Sederajat : Rp. 900.000,-
  • Kategori Pendidikan Anak SMP/Sederajat : Rp. 1.500.000,-
  • Kategori Pendidikan Anak SMA/Sederajat : Rp. 2.000.000,-
  • Kategori Penyandang Disabilitas berat : Rp. 2.400.000,-
  • Kategori Lanjut Usia : Rp. 2.400.000,-

Asumsi mendapat Rp 10,8 juta tersebut yakni berasal dari persyaratan dalam 1 keluarga, hanya 4 orang saja yang mendapatkan BLT PKH dari Kemensos

bansos pkh 2022

Berikut adalah cara cek daftar penerima BST Kemensos Februari 2022

  1. Login link cekbansos.kemensos.go.id
  2. Pilih nama provinsi hingga desa sesuai alamat di KTP
  3. Input nama lengkap sesuai KTP dan kode verifiksi yang tertera di layar
  4. Klik tombol ‘Cari Data’
  5. Muncul daftar penerima bantuan ini

Setiap hari Kemensos mengupdate daftar penerima melalui website cekbansos.kemensos.go.id dan dtks.kemensos.go.id, jangan lupa cek namamu secara berkala.

Jika tidak terdaftar sebagai penerima Program Bansos PKH, masyarakat miskin dapat mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi Cek Bansos.

  • Unduh atau download aplikasi Cek Bansos dari Google Play Store
  • Jika masih belum memiliki akun, daftar terlebih dahulu membuat user id memakai data diri lengkap seperti KTP, KK dan foto selfie
  • Jika akun telah dibuat, masukan user id dan pasword di applikasi cek bansos
  • Selanjutnya akan muncul menu profil, cek bansos, respon kelayakan dan daftar saran
  • Jika Anda ingin mendaftar, Anda dapat mengklik daftar usulan
  • Daftar calon penerima bansos PKH dengan mengisi data diri secara lengkap, lengkap dengan selfie dan foto rumahnya

bansos pkh 2022Sebagai tanda jika menjadi daftar penerima, setiap peserta program akan mendapatkan Kartu Peserta PKH dari kantor pemerintah desa setempat. Ciri-ciri pemilik KTP yang bisa PKH di bulan Desember adalah yang terdaftar di link itu, namun belum ditransfer.Dana bantuan dapat diperoleh di kantor pos terdekat dengan membawa Kartu Partisipasi PKH dan tidak dapat diwakilkan. Peserta PKH juga dapat menarik bantuan melalui rekening bank milik negara (Himbara).Untuk penukaran, KPM PKH harus terdaftar dan berlokasi di fasilitas kesehatan dan pendidikan terdekat. Komitmen KPM PKH di bidang kesehatan antara lain pemeriksaan kandungan pada ibu hamil, pemberian asupan gizi dan imunisasi serta penimbangan balita dan anak usia prasekolah.

TRENDING :   Tingkat Kepuasan Terhadap Jokowi Menurun Drastis

Sedangkan kewajiban di bidang pendidikan adalah mengikutsertakan dan menjamin keberadaan anggota keluarga PKH di satuan pendidikan sesuai jenjang sekolah dasar dan menengah. Dan komponen kesejahteraan sosial penyandang disabilitas dan lanjut usia di atas 60 tahun. Itulah penjelasan cek pengumuman bansos, cari tahu cara melihat daftar penerima PKH tahap 1 Februari 2022, beserta tata cara pencairan bansos dari Kementerian Sosial disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.