Desain Grafis Adalah

Desain Grafis Adalah: Pengertian dan Jenis-Jenis Didalamnya

Pekerjaan desainer grafis memang sedang viral belakangan ini terutama di media sosial ataupun internet. Tetapi apa maksud dari istilah tersebut? Desain grafis adalah salah satu aktivitas yang digunakan buat menumpahkan berbagai macam ide visual didalamnya.

Keberadaan aktivitas inipun ternyata semakin banyak diminati oleh masyarakat baik dengan cara menempuh Pendidikan formal ataupun belajar secara otodidak. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena semakin banyaknya perusahaan dimana membutuhkan keberadaan para desainer grafis tersebut. Mengingat tidak semua orang memang mempunyai kemampuan didalam menghadirkan grafis terbaik.

Pengertian Desain Grafis Adalah

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai istilah satu ini maka harus memahami terlebih dahulu pengertiannya. Dimana ini merupakan aktivitas perancangan ide sekaligus pembuatan informasi melalui media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual didalamnya. Mulai dari penggunaan garis, titik, bidang, huruf, tekstur ruang hingga permainan warna.

Keberadaannya ternyata termasuk bagian dari ilmu seni visual. Jika dilihat dari penggunaan bahasanya, ternyata terdiri dari desain dan grafis. Dimana desain merupakan kerangka atau rancangan bentuk. Sedangkan untuk grafis adalah paduan garis, titik, bidang maupun huruf-huruf visual.

Didalamnya sendiri biasanya terdapat 2 jenis media yang biasa digunakan yakni 2 dimensi ataupun 3 dimensi. Untuk media 2D sendiri biasanya meliputi kain, papan, kertas dan lainnya. Sedangkan 3D menggunakan perangkat-perangkat dimana mampu menghadirkan gambar bergerak didalamnya.

Keberadaan graphic design ini sendiri biasanya digunakan sebagai media iklan ataupun promosi dari suatu produk. Tetapi pada dasarnya didalamnya juga mempunyai unsur seni. Adapun beberapa fungsinya diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Digunakan sebagai salah satu sarana untuk pengenalan terhadap suatu produk tertentu yakni dengan cara membenamkan ingatan kepada masyarakat umum.
  2. Selain itu, berfungsi juga untuk memberikan informasi dimana berupa arahan ataupun petunjuk kepada public. Melalui informasi itulah, masyarakat dapat terdorong untuk memberikan respon terhadap isinya.
TRENDING :   Aplikasi Penghasil Uang Online Fizzo Terbaru 2022

Jenis-jenis

Desain Grafis AdalahPada awalnya, graphic design ini sendiri memang hanya memanfaatkan keberadaan media 2 dimensi saja. Namun seiring dengan adanya perkembangan teknologi, ternyata juga banyak ditampilkan dalam bentuk 3D juga. Inilah yang berpengaruh terhadap jenis-jenisnya dimana jauh lebih banyak dan beragam diantaranya adalah sebagai berikut.


  1. Indentifikasi

IndentifikasiAdapun jenis pertama yakni identifikasi yang berkaitan erat dengan fungsinya yakni untuk memperkenalkan sekaligus mengingatkan masyarakat terhadap informasi didalamnya, seperti kartu nama. Biasanya diaplikasikan dalam dunia industri mulai dari penggunaan logo, profil perusahaan ataupun bahkan materi promosi.


  1. Percetakan atau Printing

Percetakan atau PrintingIni merupakan aplikasi dimana difokuskan untuk kebutuhan percetakan. Adapun bentuknya ternyata juga beragam mulai dari sampul buku, majalah hingga media lainnya. Adapun beberapa materi yang memanfaatkan keberadaan jenis ini seperti banner, flyer, poster dan masih banyak lagi.


  1. Multimedia

MultimediaSedangkan untuk multimedia ini sendiri akan menggunakan berbagai macam jenis media dan disesuaikan dengan penempatannya. Sebagai contohnya adalah film animasi, iklan tv hingga video. Ini merupakan beberapa contoh dari desain multimedia dimana paling sering dijumpai oleh masyarakat.


  1. Digital

Seiring dengan adanya perkembangan teknologi dan internet, kini kategori dari grafis ternyata juga bertambah lho yakni desain digital. Dimana biasanya akan memanfaatkan keberadaan website, aplikasi hingga permainan digital lainnya. Keuntungan yang ditawarkan dari desain tersebut yakni sifatnya jauh lebih interaktif dan menarik.

Didalam grafis inilah ternyata juga memanfaatkan unsur-unsur penting didalamnya seperti bidang/bentuk, garis, ruang, tekstur hingga warna. Keberadaan desain grafis adalah menjadi salah satu hal yang paling dicari baik untuk kebutuhan komersil ataupun tidak.

Pencarian PopulerDesain Grafis Photoshop ,Tugas Desain Grafis ,Spesifikasi Laptop Untuk Desain Grafis ,Software Desain Grafis Yang Mirip Dengan Corel Draw Adalah... ,Sertifikat Desain Grafis ,Prinsip Dasar Desain Grafis ,Poster Desain Grafis ,Komponen Desain Grafis ,Jenis Desain Grafis ,Iklan Lowongan Pekerjaan Desain Grafis ,Apakah Yang Membentuk Ruang Dalam Seni Desain Grafis ,Desain Grafis Percetakan ,Desain Grafis Pemula ,Desain Grafis Online ,Desain Grafis Logo ,Desain Grafis Canva ,Ciri Desain Grafis Poster Yaitu ,Cara Membuat Desain Grafis ,Buku Desain Grafis ,Aplikasi Desain Grafis Pc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.